Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Telepon (0351) 464477, Fax (0351) 473173, Kontak Person WA +6289629628390, email nunusdwinugroho60@gmail.com

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

BIMBINGAN TEKNIS PENINGKATAN MUTU KURIKULUM DAN PENILAIAN SD

(17-06-2016, Pukul 0730 WIB) Permasalahan kurikulum tahun 2013 (K 13) yang sebelumnya banyak menjadi perdebatan, ternyata setelah dipraktekkan bisa membawa dampak yang sangat berarti bagi perkembangan peserta didik, karena kurikulum adalah suatu tolok ukur yang dimana keberhasilan sebuah pendidikan untuk mencapai dan menghasilkan peserta didik yang bermutu dan baik, sangat ditentukan oleh kurikulum pendidikan itu sendiri.

Hal tersebut telah diungkapkan oleh Kepala Bidang Pembinaan SD “Adrianto, SE, MM” selaku yang bertanggung jawab program kegiatan pada acara pembukaan “ Bimbingan Teknis” Peningkatan mutu kurikulum dan penilaian Sekolah Dasar (SD) di Gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Sodik Hery Purnomo S.Si” dihadapan 75 peserta dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), “seorang guru harus bisa terinspirasi dari moto Bapak Pendidikan sekaligus sebagai pahlawan nasional, yakni Ki Hadjar Dewantara,” ungkap Beliau.

Tut wuri handayani “dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan,”.Ing madya mangun karsa “Di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide,” dan Ing ngarsa sung tulada “Di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik,” Tambah Kepala Dinas.

Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan SD, Endang Purwaningsih, S.Sos., M.Si, sebagai yang bertanggung jawab kegiatan ini mempunyai tujuan, yakni memberikan pembekalan dan penguatan tentang materi umum, materi pokok dan materi penunjang bimbingan teknis kepada guru kelas dari sekolah pelaksana kurikulum 2013 kepada CPNS.

Adapun harapannya adalah, peserta dapat mengelola adanya perubahan dari kurikulum lama ke kurikulum 2013 sesuai dengan konsep di sekolah dapat berjalan secara eektif dan efisien, tambah ending purwaningsih.

Selain itu ada beberapa indicator kegiatan ini adalah :

  1. Peserta kagitan memahami konsep kurikulum 2013, meliputi rasional, elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, Kid an KD dengan berbagai pendekatan dan strategi implementasi kurikulum 2013;
  2. Tersusunnya analisis materi ajar;
  3. Tersusunnya rancangan model pembelajaran sesuai jenjang pendidikan SD;
  4. Tersusunnya perangkat implementasi pelaksanaan praktik pembelajaran terbimbing;
  5. Tersusunnya perangkat implementasi pengelolaan perubahan untuk menjamin terlaksananya implementasi kurikulum 2013;
  6. Tersusunnya rancangan implemntasi pengelolaan pembelajaran temati integratif.

Kurikulum 2013 lebih mengedapankan aspek “afektif” yang berkaitan dengan sikap dan nilai yang mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi dan nilai, dan “psikomotorik” yang berkaitan dengan keterampilan (Skill) atau kemampuan bertindak setelah menerima belajar tertentu dari pada “kognitif” yang mencakup kegiatan mental, yakni Pengetahuan hafalan/ingatan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan penilaian/penghargaan/evaluasi.

“Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khususnya fungsional harus mampu membangun budaya sekolah dalam rangka peningkatan mutu secara berkelanjutan untuk menyongsong era milenial dan sanggup menghadang tantangan revolusi industry 4.0,” itulah harapan Endang Purwaningih.

Kami penulis yang tidak mempunyai latar belakang jurnalistik, maka kami mengharapakan kritik dan saran yang sifatnya membangun, baik tentang “tata letak bahasa penulisan naskah” dan mungkin “adanya informasi yang belum sesuai,” selain itu jika ada dari pihak sekolah Kabupaten Madiun yang akan mengirimkan berita kegiatan atau opini akan kami tampung dan jika layak mememenuhi persyaratan akan kami upload di website resmi kami, semua ini demi kemajuan pendidikan Kabupaten Madiun, (089629628390).

Liputan/penulis : N Dwi N

Icon Madiun : Madiun Kota Pecel, Brem, Dongkrek dan Kampung pesilat

Berita Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, berita pendidikan Madiun, berita seputar Madiun, berita Madiun.

NEW

November 21st 2019Views 67Comments 0Rating 0
October 5th 2019Views 105Comments 0Rating 0
September 30th 2019Views 143Comments 0Rating 0
September 25th 2019Views 105Comments 0Rating 0
September 23rd 2019Views 120Comments 0Rating 0
September 17th 2019Views 98Comments 0Rating 0
September 11th 2019Views 115Comments 0Rating 0
July 11th 2019Views 135Comments 0Rating 0
July 10th 2019Views 128Comments 0Rating 0
July 10th 2019Views 151Comments 0Rating 0
July 9th 2019Views 130Comments 0Rating 0
July 9th 2019Views 130Comments 0Rating 0
July 8th 2019Views 115Comments 0Rating 0
June 28th 2019Views 120Comments 0Rating 0
June 28th 2019Views 122Comments 0Rating 0
June 27th 2019Views 138Comments 0Rating 0
June 24th 2019Views 133Comments 0Rating 0
June 10th 2019Views 129Comments 0Rating 0
June 1st 2019Views 122Comments 0Rating 0
May 28th 2019Views 147Comments 0Rating 0
May 27th 2019Views 171Comments 0Rating 0
May 25th 2019Views 175Comments 0Rating 0
May 24th 2019Views 155Comments 0Rating 0
May 21st 2019Views 154Comments 0Rating 0
May 20th 2019Views 149Comments 0Rating 0
May 17th 2019Views 187Comments 0Rating 0
May 16th 2019Views 189Comments 0Rating 0
May 14th 2019Views 149Comments 0Rating 0
May 14th 2019Views 144Comments 0Rating 0
May 13th 2019Views 140Comments 0Rating 0
May 10th 2019Views 155Comments 0Rating 0
May 9th 2019Views 185Comments 0Rating 0
April 29th 2019Views 162Comments 0Rating 0
April 29th 2019Views 185Comments 0Rating 0
April 26th 2019Views 157Comments 0Rating 0
April 25th 2019Views 168Comments 0Rating 0
April 23rd 2019Views 180Comments 0Rating 0
April 22nd 2019Views 184Comments 0Rating 0
April 22nd 2019Views 132Comments 0Rating 0
April 22nd 2019Views 172Comments 0Rating 0
April 18th 2019Views 184Comments 0Rating 0
April 16th 2019Views 207Comments 0Rating 0
April 15th 2019Views 159Comments 0Rating 0
April 11th 2019Views 171Comments 0Rating 0