Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Telepon (0351) 464477, Fax (0351) 473173, Kontak Person WA +6289629628390, email nunusdwinugroho60@gmail.com

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

(OPINI) DOKUMEN RAHASIA, ANTARA INTERNET DAN INTRANET

Mengapa sudah ada internet pusing –pusing membangun intranet ? dengan berjalannya waktu pada era milenial ini, mungkin sebuah pertanyaan yang sudah terjawab dengan otomatis pada tahun 2019 ini, salah satu contoh, jika kita mendengar berita di media masa, ternyata masih banyak “anggota lembaga resmi” menggunakan email gratisan.

Apakah tidak boleh menggunakan email gratis? boleh, tidak ada yang melarang, namun harus kita fikirkan bahwa dimana tempat sever email gratis yang sudah lama kita gunakan , tentunya tidak saya jawab pun mereka sudah mengetahuinya.

Selain itu juga masih ada pertanyaan yang sebenarnya masyarakat juga secara pasti sudah mengetahuinya, yakni dimana pusat server internet yang sekarang ini sedang kita gunakan? dengan adanya beberapa pertimbangan alternatif di atas, apakah kita masih pusing untuk mengawali membangun sebuah intranet (lokal) lagi, ya mungkin tergantung dari beberapa kepentingan.

Apakah kita harus mempunyai niat untuk memutus hubungan dengan internet yang sudah berjalan? tentunya jawabannya “tidak” bukan, yang kita butuhkan adalah, kita harus mempunyai jaringan tersendiri, yakni sebuah intranet (lokal) untuk sebuah kepentingan tertentu yang sifatnya sangat rahasia, baik untuk kepentingan mulai dari tingkat RT, RW, Desa/Kelurahan, Kabupaten/Kota, Provinsi sampai nasional.

Apa dampak dari internet jika digunakan pada acara atau kegiatan yang sifatnya rahasia? Tentunya apabila kita sudah menggunakan jaringan intranet (lokal) semua dokumen yang sifatnya rahasia hanya diketahui oleh yang bersangkutan, tidak sampai melebar ke tingkat internasional.

Jaringan “intranet” bisa digunakan tanpa adanya “internet” yang sedang berjalan, maksutnya, jaringan internet mati pun “intranet” tetap bisa berjalan, yang penting sudah terhubung atau terbangunnya jaringan khusus tersebut.

Jaringan intranet tidak hanya khusus digunakan untuk kepentingan lokal saja, namun juga bisa terhubung dengan jaringan internasional, tinggal menyesuaikan dengan kepentingan, apakah sifatnya rahasia atau tidak.

“Internet bisa terhubung karena adanya satelit luar angkasa, jika kita menyewa satelit, otomatis data kita masuk dalam kendali mereka, kemudian timbul sebuah pertanyaan, apaka belum ada yang mempunyai inisiatif menciptakan atau membangun satelit Bumi? Ini merupakan pekerjaan rumah bagi generiasi emas kita,” itulah fakta jangan sampai generasi emas kita hanya sekedar menjadi penonton.

Sebenarnya usaha pemerintah untuk membangun sebuah “Intranet” sudah lama kita awali, namun terbentur adanya pro dan kontra dari pihak yang berwenang, mungkin adanya kurang pemahaman apa dampak dari internet di kemudian hari.

Selain itu ada salah satu contoh, pemerintah sudah mengawali menggunakan email resmi ekstensi (go.id), apa kendalanya ? dimungkin masih banyak pejabat atau masyarakat yang belum menggunakan email ekstensi go.id atau lokal dan masih menggunakan email gratis berskala internasional.

Email ekstensi go.id atau lokal telah disiapkan untuk kepentingan khusus yang sifatnya lokal dan nasional bukan internasional, jika mereka masih menggunkan email gratis tentu sulit untuk terhubung, karena email ini sebenarnya mempunyai tujuan untuk menjaga dari dokumen yang sifatnya rahasia hanya kepentingan nasional saja.

Sekita tahun 2006 jaringan khusus jenjang sekolah sudah dipersiapkan dan dibangun adanya jaringan intranet, namun apa daya, dengan adanya pro dan kontra tentang pemahaman apa yang dimksud dengan jaringan tersebut.

Semua pihak mengira dengan adanya internet semua sudah beres, maka waktu itu timbul pernyataan “mengapa pusing-pusing membangun intranet” dan sekarang pada tahun 2019 sudah terjawab, kapan kita harus menggunakan jaringan untuk pelaksanaan kegiatan yang hasil dokumennya bersifat rahasia atau tidak.

Ketika kita melakukan event yang sifatnya sangat rahasia untuk kepentingan yang sifatnya lokal atau nasional, tentunya informasi tersebut tidak boleh diketahui selain yang mempunyai kepentingan saja, apa dampak apabila dokumen yang sifatnya rahasia bisa dirubah oleh orang yang tidak mempunyai kepentingan ?

Hal inilah penyebab masalah, mengapa membangun jaringan “intranet” sangat penting? kapan kita akan mengawali? tentunya menunggu ada dukungan dari pihak yang terkait yang mempunyai komitmen sangat tinggi murni untuk kepentingan ini, namun apabila memang disengaja dibuat seperti ini, ya apa daya tangan tak sampai.

Apa manfaat apabila sudah terbangun jaringan intranet? misalkan penerapan adanya Sistem e-Kinerja, e-Budgeting dan e-Planning dan masih banyak dari contoh ini masih tergantung menggunakan internet, apabila internet mati, otomatis semua ASN tidak bisa bekerja atau upload di sistem elektronik tersebut.

Bagiamana jika ada ASN yang sedang menjalankan dinas luar kota? Tentunya apabila intranet nasional sudah terbangun mereka bisa terhubung untuk menyelesaikan tugasnya dan apabila belum terbangun secara nasional tentunya pemerintah daerah menyiapkan server khusus untuk pengguna internet, yang penting bukan dokumen rahasia.

“Inilah ulasan opini saya, mengapa perlu dibangun intranet (lokal), salah satunya untuk memfilter adanya dokumen yang sifatnya sangat rahasia, hal ini tentunya merupakan pekerjaan rumah bagi generasi emas harus bisa bekerja keras demi terbangunnya sebuah jaringan mandiri yang terintegrasi mulai dari tingkat RT sampai nasional,” itulah harapan penulis.

Kami penulis yang tidak mempunyai latar belakang jurnalistik, maka kami mengharapakan kritik dan saran yang sifatnya membangun, baik tentang “tata letak bahasa penulisan naskah” dan mungkin “adanya informasi yang belum sesuai,” selain itu jika ada dari pihak sekolah Kabupaten Madiun yang akan mengirimkan berita kegiatan atau opini akan kami tampung dan jika layak mememenuhi persyaratan akan kami upload di website resmi kami, semua ini demi kemajuan pendidikan Kabupaten Madiun, (089629628390).

Liputan/penulis : N Dwi N

Icon Madiun : Madiun Kota Pecel, Brem, Dongkrek dan Kampung pesilat

Berita Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, berita pendidikan Madiun, berita seputar Madiun, berita Madiun.

NEW

May 11th 2020Views 22Comments 0Rating 0
March 24th 2020Views 116Comments 0Rating 0
March 17th 2020Views 111Comments 0Rating 0
March 16th 2020Views 86Comments 0Rating 0
February 13th 2020Views 140Comments 0Rating 0
November 21st 2019Views 219Comments 0Rating 0
October 5th 2019Views 251Comments 0Rating 0
September 30th 2019Views 260Comments 0Rating 0
September 25th 2019Views 234Comments 0Rating 0
September 23rd 2019Views 302Comments 0Rating 0
September 17th 2019Views 232Comments 0Rating 0
September 11th 2019Views 266Comments 0Rating 0
July 11th 2019Views 266Comments 0Rating 0
July 10th 2019Views 281Comments 0Rating 0
July 10th 2019Views 312Comments 0Rating 0
July 9th 2019Views 240Comments 0Rating 0