Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Telepon (0351) 464477, Fax (0351) 473173, Kontak Person WA +6289629628390, email nunusdwinugroho60@gmail.com

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PEMAHAMAN MINAT DAN BAKAT MASIH RANCU

Kerja, kerja, kerja! adalah sebuah kata yang telah di harapkan dari pemerintah, karena dengan minat kerja yang tinggi dapat memberi hasil yang lebih optimal, apalagi disesuaikan dengan penguatan pendidikan karakter (PPK), yakni unsur religius, integritas, nasionalis, dan gotong royong.

Kegiatan Latihan olah bakat dan olah minat, seperti pengembangan bakat olahraga, seni dan budaya, jurnalistik, teater, dan teknologi informasi dan komunikasi, ini juga salah satu dari kegiatan yang di danai dari anggaran BOS.

Mengapa demikian ? karena ada perbedaan antara arti dari bakat dan minat, misalkan siswa yang mempunyai bakat, tentunya cara belajaranya bisa lebih cepat, karena siswa berbakat dengan melihat dan mempraktek hanya beberapa kali saja sudah bisa menguasai dan menghasilkan yang terbaik.

Beda sekali dengan siswa mempunyai minat yang tinggi tetapi tidak berbakat, tentunya cara belajaranya memerlukan waktu lama dan hasilnya pun tidak bisa maksimal, namun perlu diketahui dengan cara belajar lama tersebut tentunya timbul niatan murni dari minat siswa, dan akan menghasilkan minat kerja yang tinggi sesuai yang diharapkan oleh pemerintah tersebut.

Orang tua harus jeli dalam melihat kemampuan bakat dan minat, seperti kebiasaan orang selalu memaksa kehendak anaknya untuk bisa menekuni sesuatu yang sebenarnya tidak sesuai dengan bakatnya, apa hasilnya ? tentunya mereka tidak bisa membuahkan hasil yang lebih optimal.

Misalkan, orang tua dengan segala cara memaksakan anaknya masuk tim inti sepak bola, karena setelah mereka melihat anaknya sangat mumpuni dalam bermain bola, namun ternyata persyaratan kecepatan berlari dan kekuatan fisik tidak mendukung, tentu keadaan ini tidak bisa membuahkan pemain yang sesuai harapan.

SDN Kepet 02 Kecamatan Dagangan proses pembelajarannya selalu dilandasi dengan tujuan untuk menciptakan seorang yang ahli kerja, misalkan salah satu contoh dengan mengajak siswa berusaha menekuni Matematika dengan cara bernyanyi, usaha ini nampak berhasil bagi siswa yang kurang minat Matematika menjadi lebih tekun dalam belajarnya.

“Pembiasaan kerja, kerja dan selalu kerja telah bisa diciptakan dengan sukses, baik bidang akademik maupun non akademik, guru harus bisa menyeleksi siswa mana yang berbakat dan mempunyai kecendurangan dalam bidang IPA, IPS, dan ekstrakurikuler, karena hal ini sangat berarti sebagai bekal atau modal untuk mengarahkan ketika akan menentukan ke perguruan tinggi sebagai penentu cita-cita,” itulah harapannya.

NEW

September 25th 2019Views 17Comments 0Rating 0
September 17th 2019Views 15Comments 0Rating 0
September 11th 2019Views 26Comments 0Rating 0
July 11th 2019Views 49Comments 0Rating 0
July 10th 2019Views 43Comments 0Rating 0
July 10th 2019Views 60Comments 0Rating 0
July 9th 2019Views 49Comments 0Rating 0
July 9th 2019Views 52Comments 0Rating 0
July 8th 2019Views 39Comments 0Rating 0
June 28th 2019Views 48Comments 0Rating 0
June 28th 2019Views 48Comments 0Rating 0
June 27th 2019Views 57Comments 0Rating 0
June 10th 2019Views 71Comments 0Rating 0
June 1st 2019Views 61Comments 0Rating 0
May 27th 2019Views 82Comments 0Rating 0
May 25th 2019Views 105Comments 0Rating 0
May 24th 2019Views 77Comments 0Rating 0
May 16th 2019Views 98Comments 0Rating 0
May 14th 2019Views 79Comments 0Rating 0
May 14th 2019Views 82Comments 0Rating 0
May 13th 2019Views 79Comments 0Rating 0
May 10th 2019Views 74Comments 0Rating 0
May 9th 2019Views 96Comments 0Rating 0
April 29th 2019Views 89Comments 0Rating 0
April 29th 2019Views 105Comments 0Rating 0
April 26th 2019Views 98Comments 0Rating 0
April 25th 2019Views 101Comments 0Rating 0
April 23rd 2019Views 113Comments 0Rating 0
April 22nd 2019Views 105Comments 0Rating 0
April 18th 2019Views 106Comments 0Rating 0
April 16th 2019Views 133Comments 0Rating 0
April 11th 2019Views 101Comments 0Rating 0
April 11th 2019Views 103Comments 0Rating 0
April 9th 2019Views 127Comments 0Rating 0
March 28th 2019Views 118Comments 0Rating 0
March 27th 2019Views 124Comments 0Rating 0
March 27th 2019Views 125Comments 0Rating 0
March 25th 2019Views 120Comments 0Rating 0