Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Telepon (0351) 464477, Fax (0351) 473173, Kontak Person WA +6289629628390, email nunusdwinugroho60@gmail.com

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

LITERASI BERDAMPAK SEMAKIN BERFIKIR LOGIS

Memotivasi Siswa agar mempunyai penalaran yang tinggi, diperlukan daya berfikir logis, dan keahlihan mengolah informasi dari sumber bacaan kemudian dengan sempurna bisa menyimpulkan informasi yang dihubungkan dengan pemahaman sendiri.

Penalaran sangat erat bukan hanya sekedar literasi dalam kemampuan baca tulis, tetapi lebih berhubungan dengan keaahlihan memaknai teks, seperti huruf, angka, dan simbul yang kritis.

Permasalahan yang sering dihadapi di sekolah adalah, masih ada siswa yang belum faham atau kurang serius dalam melaksanakan kegiatan pembiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai.

“Pembiasaan dilakukan dengan kegiatan 15 menit membaca setiap hari di SDN Jiwan 01, tentunya tidak semua siswa melakukan dengan sungguh-sungguh, ada yang asal-asalan, hal inilah yang menimbulkan adanya krisis daya penalaran,” ungkap dari salah satu guru, yakni Heny Erawati, S.Pd

Kemampuan penalaran sangat berhubungan dengan pola berfikir logis, analitis, dan kritis. Melalui penalaran yang baik, seseorang akan dapat mengambil kesimpulan atau keputusan dengan tepat yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Kemampuan penalaran juga harus di dukung dengan kebiasaan setiap hari yang dilakukan di rumah masing-masing, bagaiamana cara orang tua menyikapi anaknya untuk membangkitkan lebih berfikir intelektual.

Berfikir kritis mencermati gagasan berdasarkan penalaran logis, siswa yang dibiasakan oleh orang tuanya untuk mengasah kemampuan berfikir kritis yang berdampak akan memiliki tingkat keingintahuan intelektual yang tinggi.

Keberhasilan literasi juga dihubungkan dengan tingkat keseriusan siswa dalam menanggapi semua gagasan yang terbaru, contoh pembiasaan rutinitas yang terbaik harus terus selalu ditanamkan setiap hari, otomatis situasi tersebut akan selalu menjadi cermin anak dalam menyikapi masalah.

LITERASI BERKAITAN DENGAN DANA BOS :

  1. Membeli buku nonteks yaitu antara lain buku bacaan, buku pengayaan, dan buku referensi, terutama yang menunjang penguatan pendidikan karakter dan pengembangan literasi Sekolah sesuai dengan mekanisme PBJ Sekolah. Buku nonteks yang dibeli harus mengacu kepada aturan yang ditetapkan oleh Kementerian. Langganan majalah atau publikasi berkala yang terkait dengan melalui luring maupun melalui daring.
  2. Pemeliharaan atau pembelian baru buku atau koleksi perpustakaan.
  3. Peningkatan kompetensi tenaga perpustakaan.
  4. Pengembangan pangkalan data (database) perpustakaan dan perpustakaan elektronik (e-library) atau perpustakaan digital (digital library).
  5. Pemeliharaan perabot perpustakaan atau pembelian baru.
  6. Pemeliharaan dan/atau pembelian AC perpustakaan.

CATATAN :

Pembelian buku teks dan buku nonteks maksimal 20% (dua puluh persen) dari dana BOS Reguler yang diterima.

Pembelian buku teks pendamping dan buku nonteks dilakukan apabila kebutuhan buku teks utama bagi peserta didik, guru, dan kepala Sekolah di Sekolah telah terpenuhi.

Pembelian buku teks pendamping dan buku nonteks dilakukan melalui sistem katalog elektronik.

Dalam hal pembelian melalui sistem katalog elektronik dimaksud tidak dapat dilakukan, maka pembelian buku teks pendamping dan buku nonteks dilakukan melalui mekanisme PBJ Sekolah.

“Berfikir logis menjadikan siswa lebih mempunyai itelektual tinggi, yang berdampak bisa selarasnya antara apa yang disimpulkan dari sebuah pengalaman atau bacaan dengan gagasan yang mereka putuskan untuk menentukan kehidupan sehari-hari,” itulah harapan.

Kami penulis yang tidak mempunyai latar belakang jurnalistik, maka kami mengharapakan kritik dan saran yang sifatnya membangun, baik tentang “tata letak bahasa penulisan naskah” dan mungkin “adanya informasi yang belum sesuai,” selain itu jika ada dari pihak sekolah Kabupaten Madiun yang akan mengirimkan berita kegiatan atau opini akan kami tampung dan jika layak mememenuhi persyaratan akan kami upload di website resmi kami, semua ini demi kemajuan pendidikan Kabupaten Madiun, (089629628390).

Liputan/penulis : N Dwi N

Icon Madiun : Madiun Kota Pecel, Brem, Dongkrek dan Kampung pesilat

Berita Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, berita pendidikan Madiun, berita seputar Madiun, berita Madiun.

NEW

November 21st 2019Views 27Comments 0Rating 0
September 25th 2019Views 60Comments 0Rating 0
September 23rd 2019Views 70Comments 0Rating 0
September 17th 2019Views 58Comments 0Rating 0
September 11th 2019Views 71Comments 0Rating 0
July 11th 2019Views 85Comments 0Rating 0
July 10th 2019Views 83Comments 0Rating 0
July 10th 2019Views 102Comments 0Rating 0
July 9th 2019Views 89Comments 0Rating 0
July 9th 2019Views 93Comments 0Rating 0
July 8th 2019Views 75Comments 0Rating 0
June 28th 2019Views 79Comments 0Rating 0
June 28th 2019Views 83Comments 0Rating 0
June 27th 2019Views 96Comments 0Rating 0
June 24th 2019Views 90Comments 0Rating 0
June 10th 2019Views 99Comments 0Rating 0
June 1st 2019Views 94Comments 0Rating 0
May 28th 2019Views 99Comments 0Rating 0
May 27th 2019Views 126Comments 0Rating 0
May 25th 2019Views 140Comments 0Rating 0
May 24th 2019Views 117Comments 0Rating 0
May 21st 2019Views 114Comments 0Rating 0
May 20th 2019Views 109Comments 0Rating 0
May 17th 2019Views 144Comments 0Rating 0
May 16th 2019Views 142Comments 0Rating 0
May 14th 2019Views 116Comments 0Rating 0
May 14th 2019Views 109Comments 0Rating 0
May 13th 2019Views 113Comments 0Rating 0
May 10th 2019Views 114Comments 0Rating 0
May 9th 2019Views 136Comments 0Rating 0
April 29th 2019Views 130Comments 0Rating 0
April 29th 2019Views 138Comments 0Rating 0
April 26th 2019Views 129Comments 0Rating 0
April 25th 2019Views 133Comments 0Rating 0
April 23rd 2019Views 141Comments 0Rating 0
April 22nd 2019Views 139Comments 0Rating 0
April 22nd 2019Views 109Comments 0Rating 0
April 22nd 2019Views 131Comments 0Rating 0
April 18th 2019Views 140Comments 0Rating 0
April 16th 2019Views 167Comments 0Rating 0
April 15th 2019Views 122Comments 0Rating 0
April 11th 2019Views 137Comments 0Rating 0
April 2nd 2019Views 195Comments 0Rating 0
March 28th 2019Views 154Comments 0Rating 0
March 27th 2019Views 155Comments 0Rating 0
March 27th 2019Views 158Comments 0Rating 0