Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Telepon (0351) 464477, Fax (0351) 473173, Kontak Person WA +6289629628390, email nunusdwinugroho60@gmail.com

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

LITERASI BERDAMPAK SEMAKIN BERFIKIR LOGIS

Memotivasi Siswa agar mempunyai penalaran yang tinggi, diperlukan daya berfikir logis, dan keahlihan mengolah informasi dari sumber bacaan kemudian dengan sempurna bisa menyimpulkan informasi yang dihubungkan dengan pemahaman sendiri.

Penalaran sangat erat bukan hanya sekedar literasi dalam kemampuan baca tulis, tetapi lebih berhubungan dengan keaahlihan memaknai teks, seperti huruf, angka, dan simbul yang kritis.

Permasalahan yang sering dihadapi di sekolah adalah, masih ada siswa yang belum faham atau kurang serius dalam melaksanakan kegiatan pembiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai.

“Pembiasaan dilakukan dengan kegiatan 15 menit membaca setiap hari di SDN Jiwan 01, tentunya tidak semua siswa melakukan dengan sungguh-sungguh, ada yang asal-asalan, hal inilah yang menimbulkan adanya krisis daya penalaran,” ungkap dari salah satu guru, yakni Heny Erawati, S.Pd

Kemampuan penalaran sangat berhubungan dengan pola berfikir logis, analitis, dan kritis. Melalui penalaran yang baik, seseorang akan dapat mengambil kesimpulan atau keputusan dengan tepat yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Kemampuan penalaran juga harus di dukung dengan kebiasaan setiap hari yang dilakukan di rumah masing-masing, bagaiamana cara orang tua menyikapi anaknya untuk membangkitkan lebih berfikir intelektual.

Berfikir kritis mencermati gagasan berdasarkan penalaran logis, siswa yang dibiasakan oleh orang tuanya untuk mengasah kemampuan berfikir kritis yang berdampak akan memiliki tingkat keingintahuan intelektual yang tinggi.

Keberhasilan literasi juga dihubungkan dengan tingkat keseriusan siswa dalam menanggapi semua gagasan yang terbaru, contoh pembiasaan rutinitas yang terbaik harus terus selalu ditanamkan setiap hari, otomatis situasi tersebut akan selalu menjadi cermin anak dalam menyikapi masalah.

LITERASI BERKAITAN DENGAN DANA BOS :

  1. Membeli buku nonteks yaitu antara lain buku bacaan, buku pengayaan, dan buku referensi, terutama yang menunjang penguatan pendidikan karakter dan pengembangan literasi Sekolah sesuai dengan mekanisme PBJ Sekolah. Buku nonteks yang dibeli harus mengacu kepada aturan yang ditetapkan oleh Kementerian. Langganan majalah atau publikasi berkala yang terkait dengan melalui luring maupun melalui daring.
  2. Pemeliharaan atau pembelian baru buku atau koleksi perpustakaan.
  3. Peningkatan kompetensi tenaga perpustakaan.
  4. Pengembangan pangkalan data (database) perpustakaan dan perpustakaan elektronik (e-library) atau perpustakaan digital (digital library).
  5. Pemeliharaan perabot perpustakaan atau pembelian baru.
  6. Pemeliharaan dan/atau pembelian AC perpustakaan.

CATATAN :

Pembelian buku teks dan buku nonteks maksimal 20% (dua puluh persen) dari dana BOS Reguler yang diterima.

Pembelian buku teks pendamping dan buku nonteks dilakukan apabila kebutuhan buku teks utama bagi peserta didik, guru, dan kepala Sekolah di Sekolah telah terpenuhi.

Pembelian buku teks pendamping dan buku nonteks dilakukan melalui sistem katalog elektronik.

Dalam hal pembelian melalui sistem katalog elektronik dimaksud tidak dapat dilakukan, maka pembelian buku teks pendamping dan buku nonteks dilakukan melalui mekanisme PBJ Sekolah.

“Berfikir logis menjadikan siswa lebih mempunyai itelektual tinggi, yang berdampak bisa selarasnya antara apa yang disimpulkan dari sebuah pengalaman atau bacaan dengan gagasan yang mereka putuskan untuk menentukan kehidupan sehari-hari,” itulah harapan.

Kami penulis yang tidak mempunyai latar belakang jurnalistik, maka kami mengharapakan kritik dan saran yang sifatnya membangun, baik tentang “tata letak bahasa penulisan naskah” dan mungkin “adanya informasi yang belum sesuai,” selain itu jika ada dari pihak sekolah Kabupaten Madiun yang akan mengirimkan berita kegiatan atau opini akan kami tampung dan jika layak mememenuhi persyaratan akan kami upload di website resmi kami, semua ini demi kemajuan pendidikan Kabupaten Madiun, (089629628390).

Liputan/penulis : N Dwi N

Icon Madiun : Madiun Kota Pecel, Brem, Dongkrek dan Kampung pesilat

Berita Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, berita pendidikan Madiun, berita seputar Madiun, berita Madiun.

NEW

November 21st 2019Views 67Comments 0Rating 0
October 5th 2019Views 105Comments 0Rating 0
September 30th 2019Views 143Comments 0Rating 0
September 25th 2019Views 105Comments 0Rating 0
September 23rd 2019Views 120Comments 0Rating 0
September 17th 2019Views 98Comments 0Rating 0
September 11th 2019Views 115Comments 0Rating 0
July 11th 2019Views 135Comments 0Rating 0
July 10th 2019Views 128Comments 0Rating 0
July 10th 2019Views 151Comments 0Rating 0
July 9th 2019Views 130Comments 0Rating 0
July 9th 2019Views 130Comments 0Rating 0
July 8th 2019Views 115Comments 0Rating 0
June 28th 2019Views 120Comments 0Rating 0
June 28th 2019Views 122Comments 0Rating 0
June 27th 2019Views 139Comments 0Rating 0
June 24th 2019Views 133Comments 0Rating 0
June 10th 2019Views 129Comments 0Rating 0
June 1st 2019Views 122Comments 0Rating 0
May 28th 2019Views 147Comments 0Rating 0
May 27th 2019Views 171Comments 0Rating 0
May 25th 2019Views 175Comments 0Rating 0
May 24th 2019Views 155Comments 0Rating 0
May 21st 2019Views 154Comments 0Rating 0
May 20th 2019Views 149Comments 0Rating 0
May 17th 2019Views 187Comments 0Rating 0
May 16th 2019Views 189Comments 0Rating 0
May 14th 2019Views 149Comments 0Rating 0
May 14th 2019Views 144Comments 0Rating 0
May 13th 2019Views 140Comments 0Rating 0
May 10th 2019Views 156Comments 0Rating 0
May 9th 2019Views 185Comments 0Rating 0
April 29th 2019Views 162Comments 0Rating 0
April 29th 2019Views 185Comments 0Rating 0
April 26th 2019Views 157Comments 0Rating 0
April 25th 2019Views 168Comments 0Rating 0
April 23rd 2019Views 180Comments 0Rating 0
April 22nd 2019Views 184Comments 0Rating 0
April 22nd 2019Views 133Comments 0Rating 0
April 22nd 2019Views 172Comments 0Rating 0
April 18th 2019Views 184Comments 0Rating 0
April 16th 2019Views 207Comments 0Rating 0
April 15th 2019Views 159Comments 0Rating 0
April 11th 2019Views 171Comments 0Rating 0