Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Telepon (0351) 464477, Fax (0351) 473173, Kontak Person WA +6289629628390, email nunusdwinugroho60@gmail.com

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

SEPANJANG PERUBAHAN ABAD, MATEMATIKA MASIH EKSIS

matematika bisa menciptakan siswa mempunyai “empat karakteristik,” yakni mampu berkomunikasi, berkolaborasi, pemecahan masalah, dan inovatif.

Hal itulah salah satu penyebab mengapa matematika mempunyai peranan sangat dominan untuk beberapa persyaratan baik untuk melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi maupun tes melamar pekerjaan, hingga sampai terjadi adanya pergantian revolusi industri pun masih tetap digunakan.

Selain itu, juga bisa dihubungkan antara minat dan bakat siswa, misalkan bahwa siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan memiliki bakat menunjukkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki minat belajar sedang dan rendah. Sementara itu, siswa yang memiliki minat belajar sedang dan kurang berbakat menunjukkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang mempunyai minat belajar rendah dan tidak berbakat.

Permasalahan yang banyak dijumpai adalah, bahwa matematika sangat kurang digemari oleh siswa, artinya kelompok siswa seperti ini tentunya belum memenuhi atau menunjukkan beberapa persyaratan dari “empat ciri karakteristik” tersebut.

Dalam era milenial ini diperlukan bukan hanya sekedar mampu untuk berkolaborasi dan berkomunikasi saja, tentunya harus mempunyai bermacam-macam inovasi, sebagai contoh misalkan di aplikasi E Kinerja ASN harus bisa merubah budaya kerja menjadi sebuah kinerja yang lebih mempunyai hasil, dampak dan manfaat, baik secara langsung maupun di kemudian hari.

Jika suatu kegiatan tidak mempunyai dampak dan hasil yang berguna untuk kedepannya, tentunya berkesan hanya sekedar melaksanakan kegiatan yang setiap tahun hanya diulang-ulang saja.

Pelaksanaan kegiatan tersebut juga dihubungkan dengan efisiensi anggaran, dan yang dimaksud dengan kegiatan yang tidak berdampak kedepan artinya bukan kegiatan tersebut tidak bermanfaat, namun pelaksanaannya kurang tepat sasaran.

Matematika bisa membentuk pola pikir kreatif dan inovatif, meskipun dalam kondisi apapun juga sudah terbiasa dalam penyelesaian masalah dengan tepat dan lebih fleksibel, sehingga terjadi proses yang berkesinambungan dalam mengasah kemampuan diri.

Mengingat sangat pentingnya matematika dalam semua proses perkembangan abad, maka Yuni Astutik, S.Pd wali kelas VI SDN Putat 02 berusaha dengan sekuat tenaga harus bisa menjadikan mata pelajaran yang sulit menjadi mudah dan menyenangkan. “Salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan alat peraga yang sesuai dengan materi pembelajarannya.”

Mereka harus selalu mengikuti segala perkembangan teknologi informasi, karena pada revolusi industry 4.0 sudah mengalami beberapa pergesaran dari 3.0, yakni adanya efisiensi alat mesin dan juga manusia otomatis akan terhubung langsung dengan situasi pada era milenial yang lebih cepat dan canggih.

Penggeraknya yang membedakan pada abad revolusi industry 3.0 dan 4.0, yakni pada abad 3.0 manusia langsung berhubung dengan alat mesin sedangkan abad 4.0 lebih menjurus peralatan yang serba otomatis yang digerakan oleh internet.

“Periode abad membutuhkan ahli matematika, maka Motivasi guru dan orang tua juga sangat berperan penting untuk selalu mengarahkan dan menggiring anaknya agar bisa lebih mencintai matematika, karena sebagai salah satu pendukung keberhasilan pada revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan adanya banyak kreativitas dan kebaruan.” Itulah harapan.

Kami penulis yang tidak mempunyai latar belakang jurnalistik, maka kami mengharapakan kritik dan saran yang sifatnya membangun, baik tentang “tata letak bahasa penulisan naskah” dan mungkin “adanya informasi yang belum sesuai,” selain itu jika ada dari pihak sekolah Kabupaten Madiun yang akan mengirimkan berita kegiatan atau opini akan kami tampung dan jika layak mememenuhi persyaratan akan kami upload di website resmi kami, semua ini demi kemajuan pendidikan Kabupaten Madiun, (089629628390).

Liputan/penulis : N Dwi N

Icon Madiun : Madiun Kota Pecel, Brem, Dongkrek dan Kampung pesilat

 

Berita Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, berita pendidikan Madiun, berita seputar Madiun, berita Madiun.

NEW

November 21st 2019Views 27Comments 0Rating 0
September 25th 2019Views 60Comments 0Rating 0
September 23rd 2019Views 70Comments 0Rating 0
September 17th 2019Views 58Comments 0Rating 0
September 11th 2019Views 71Comments 0Rating 0
July 11th 2019Views 85Comments 0Rating 0
July 10th 2019Views 83Comments 0Rating 0
July 10th 2019Views 102Comments 0Rating 0
July 9th 2019Views 89Comments 0Rating 0
July 9th 2019Views 93Comments 0Rating 0
July 8th 2019Views 75Comments 0Rating 0
June 28th 2019Views 79Comments 0Rating 0
June 28th 2019Views 83Comments 0Rating 0
June 27th 2019Views 95Comments 0Rating 0
June 24th 2019Views 90Comments 0Rating 0
June 10th 2019Views 99Comments 0Rating 0
June 1st 2019Views 94Comments 0Rating 0
May 28th 2019Views 99Comments 0Rating 0
May 27th 2019Views 126Comments 0Rating 0
May 25th 2019Views 140Comments 0Rating 0
May 24th 2019Views 117Comments 0Rating 0
May 21st 2019Views 114Comments 0Rating 0
May 20th 2019Views 108Comments 0Rating 0
May 17th 2019Views 144Comments 0Rating 0
May 16th 2019Views 142Comments 0Rating 0
May 14th 2019Views 115Comments 0Rating 0
May 14th 2019Views 109Comments 0Rating 0
May 13th 2019Views 113Comments 0Rating 0
May 10th 2019Views 113Comments 0Rating 0
May 9th 2019Views 136Comments 0Rating 0
April 29th 2019Views 130Comments 0Rating 0
April 29th 2019Views 138Comments 0Rating 0
April 26th 2019Views 129Comments 0Rating 0
April 25th 2019Views 133Comments 0Rating 0
April 23rd 2019Views 141Comments 0Rating 0
April 22nd 2019Views 138Comments 0Rating 0
April 22nd 2019Views 108Comments 0Rating 0
April 22nd 2019Views 131Comments 0Rating 0
April 18th 2019Views 140Comments 0Rating 0
April 16th 2019Views 166Comments 0Rating 0
April 15th 2019Views 122Comments 0Rating 0
April 11th 2019Views 137Comments 0Rating 0
April 2nd 2019Views 195Comments 0Rating 0
March 28th 2019Views 153Comments 0Rating 0
March 27th 2019Views 155Comments 0Rating 0
March 27th 2019Views 157Comments 0Rating 0