Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Telepon (0351) 464477, Fax (0351) 473173, Kontak Person WA +6289629628390, email nunusdwinugroho60@gmail.com

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

GURU CERAMAH DI DEPAN KELAS, SISWA MELANJUTKAN LAMUNAN

“Talking is not Teaching, Listening is not Learning” itulah sepenggal catatan besar yang sengaja kuberi garis bawah pada pembelajaran hari ke 14 di Jiangzu China.

Berbicara itu bukan mengajar, dan mendengarkan itu bukan belajar. Kira kira itulah makna terjemahan yang ada di kepalaku saat melihat tulisan itu. Mengapa dikatakan bahwa berbicara itu bukan mengajar, dan mendengarkan itu bukan belajar.

Padahal kebanyak aktivitas proses belajar mengajar kita hal tersebut banyak dilakukan. Guru banyak bercerita sejak jam pertama sampai pelajaran usai, begitu juga dengan peserta didik banyak duduk mendengarkan. Sesekali guru memberikan teriakan yel yel “Tepuk semangat”, kemudian siswa menepuk tangan sambil teriak teriak “semangat.. semangat, semangat yes..yess”. setelah itu guru kembali melanjutkan ceritanya dan siswa melanjutkan lamunannya.

Pikiranku terus menerawang, yang mana yang dimaksud dengan mengajar (teaching) dan yang mana yang dimaksud belajar (learning). agar tidak bingung, kucoba mengutip perkataan – Martin Luther King Jr – di bahan tayang di bagikan pada halaman 18 bagian atas:

“ The function of education is to teach one think intensively and to think critically …. Intelligence plus character” that is the goal of true education

Agak sedikit bingun menerjemahkan kalimat tersebut, kemudian kugunakan rumus siluman yang banyak dilakukan oleh rekan rekanku sesama pembelajar, ya… menggunakan google traslate (kuambil HP dan mulai memotret kalimat itu) dan jreng…jreng… kutemukan terjemahan cepat yang entah structure nya sudah benar atau tidak, tapi nggak ada urusan dengan sturcture kalimat yang penting makna bro…

“Fungsi pendidikan adalah untuk mengajarkan seseorang untuk berpikir secara intensif dan untuk berpikir kritis”

Sejenak tersadar bahwa tidak ada aktivitas berpikir jika guru banyak bercerita (talking is not teaching), seharusnya yang banyak bercerita itu adalah peserta didik sehingga mereka akan berpikir, dengan berpikir mereka sesunguhnya belajar. dan (listening is not learning) yang banyak harus mendengarkan adalah guru, karena siswa harus belajar tidak datang untuk mendengarkan, selain itu, guru harus banyak mendengarkan untuk memastikan bahwa cerita dari peserta didik itu sudah benar, dan memastikan bahwa apa yang dipelajari dengan cerita yang disampaikan itu telah benar.

Itulah pembelajaran yang seharusnya dilakukan. “ siswa harus banyak berbicara, dan guru harus lebih banyak mendengar” penulis Kepala SMPN 1 Balerejo “Didik Utomo” itulah oleh-oleh cerita hasil dari pendidikan luar negeri.

NEW

September 25th 2019Views 18Comments 0Rating 0
September 17th 2019Views 15Comments 0Rating 0
September 11th 2019Views 26Comments 0Rating 0
July 11th 2019Views 49Comments 0Rating 0
July 10th 2019Views 44Comments 0Rating 0
July 10th 2019Views 61Comments 0Rating 0
July 9th 2019Views 50Comments 0Rating 0
July 9th 2019Views 53Comments 0Rating 0
July 8th 2019Views 40Comments 0Rating 0
June 28th 2019Views 49Comments 0Rating 0
June 28th 2019Views 48Comments 0Rating 0
June 27th 2019Views 58Comments 0Rating 0
June 10th 2019Views 72Comments 0Rating 0
June 1st 2019Views 62Comments 0Rating 0
May 27th 2019Views 82Comments 0Rating 0
May 25th 2019Views 105Comments 0Rating 0
May 24th 2019Views 78Comments 0Rating 0
May 16th 2019Views 99Comments 0Rating 0
May 14th 2019Views 79Comments 0Rating 0
May 14th 2019Views 83Comments 0Rating 0
May 13th 2019Views 79Comments 0Rating 0
May 10th 2019Views 74Comments 0Rating 0
May 9th 2019Views 96Comments 0Rating 0
April 29th 2019Views 89Comments 0Rating 0
April 29th 2019Views 105Comments 0Rating 0
April 26th 2019Views 98Comments 0Rating 0
April 25th 2019Views 101Comments 0Rating 0
April 23rd 2019Views 114Comments 0Rating 0
April 22nd 2019Views 105Comments 0Rating 0
April 18th 2019Views 107Comments 0Rating 0
April 16th 2019Views 133Comments 0Rating 0
April 11th 2019Views 102Comments 0Rating 0
April 11th 2019Views 103Comments 0Rating 0
April 9th 2019Views 128Comments 0Rating 0
March 28th 2019Views 119Comments 0Rating 0
March 27th 2019Views 124Comments 0Rating 0
March 27th 2019Views 126Comments 0Rating 0
March 25th 2019Views 120Comments 0Rating 0