DISPENDIKBUD KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

LAKIP 2016

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Sodik Hery Purnomo S.Si” didampingi Kepala Sub Bag Penyusunan Program dan Pelaporan “Eni Lestari, S.Si” dibantu seluruh Staf telah menyelesaikan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2016 (Lakip), dengan penjelasan sebagai berikut :

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya kami dapat menyelesaikan kewajiban menyusun laporan ini dengan dasar implementasi Peraturan Presiden  Nomor 29  Tahun 2014 tentang  Sistem Akuintabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Laporan ini disusun sebagai bentuk proses pertanggungjawaban penyelenggaraan kegiatan pemerintah dalam rangka untuk mewujudkan terciptanya pemerintahan yang baik dan terpercaya.

Laporan ini pada bab 1 menyampaikan latar belakang, tugas pokok dan fungsi, struktur organisasi serta sistematika penyajian, kemudian pada bab 2 yang menggambarkan perencaan strategis dan rencana kinerja yang berisi tentang renstra SKPD, RKT tahun 2016 dan penetapan kinerja tahun 2016 selanjutnya pada bab 3 menganalisa akuntabilitas kinerja melalui proses pengukuran capaian kinerja 2016  dan evaluasi analisis capaian kinerja tahun 2015, dan penutup ditambah dengan lampiran – lampiran.

Atas selesainya penyususnan laporan ini kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu memberikan sumbang saran, semoga Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang melimpahkan karunia dan anugerah pada kita semua.

Tentulah tidak semua yang kami laporkan belum sempurna masih banyak dan kekurangan dan kelemahan , untuk itu kami dengan senang hati mengharapkan kritik dan saran demi perbaikan lebih lanjut laporan ini.

Demikian akhirnya semoga Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Dinas Pendidikan Tahun 2016 ini dapat memberikan manfaat untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan terpercaya.

Amin.

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang …………………………… …………….………………………………………………  1
  2. Tugas Pokok dan Fungsi Instansi  … ………….………………………………………………… 1
  3. Sumber Daya Manusia .…………………………………………………….…………………………5
  4. Isu Strategis  ..............……………………………………..………..………………………………..5        

BAB II RENCANA STRATEGIS DAN RENCANA KERJA

  1. RPJMD Tahun 2013 – 2018 …………………...…………….……………………………….…….7
  2. Renstra SKPD ……………………………………………………..……………………………………..10
  3. Indikator Kinerja Utama …………………………………………………………………………….13

BAB III AKUNTABILITAS KINERJA

  1. Pengukuran Capaian Kinerja Tahun 2016.…………….……………………………….……19
  2. Evaluasi dan Analisis Capaian Kinerja Per Sasaran.……………………………………..21
  3. Akuntabilitas Keuangan..…………………………………………………………………………….43
  4. Prestasi Yang Yelah Diraih .,,,,…………………………………………..………………………. 63

BAB VI PENUTUP

RINGKASAN EKSEKUTI

Tantangan sektor pendidikan pada masa mendatang adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk semua golongan. Melalui pelayanan pendidikan ada 3 pilar kebijakan pendidikan pemerataan akses pendidikan, peningkatan mutu dan akuntabilitas pencitraan public serta pelestarian seni dan budaya.

Dari 3 pilar kebijakan dijabarkan melalui Program dan Kegiatan pada tahun anggaran 2013 melalui Program : 1). Program Pendidikan Anak Usuai Dini, 2). Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun, 3). Program Pendidikan Menengah, 4) Program Pendidikan Luar Biasa, 5). Program Pendidikan  Non Formal dan Informal, 6). Program Peningkata Mutu dan 7). Program Manajemen Pelayanan yang terdiri dari 76 kegiatan baik bersifat rutin operasional dan kegiatan teknis.

Pemberian bantuan kepada siswa miskin jenjang SMA/SMK/MA yang merupakan kepedulian Pemerintah Kabupaten Madiun dalam menekan angka putus sekolah akan terus dipertahankan, dikarenakan sangat membantu siswa – siswa miskin untuk mengikuti proses pembelajar.

Kegiatan – kegiatan yang rutin dilaksanakan adalah menyelenggarakan Ujian Nasional dari jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA dan tingkat kelulusan sebesar 100 % serta meningkatnya rata – rata Ujian Nasional. 

Serta beberapa kegiatan yang menyita waktu, tenaga dan pikiran DAK bidang pendidikan, dimana DAK terkumpul pada tahun anggaran 2016.

Dari uraian  kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2016, terdapat kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan dikarenakan : 1). Buku petunjuk teknis tentang bantuan baru terbit akhir tahun, 2).  Dikarenakan waktu pencaiaran yang terlalu mepet.

Dari beberapa uraian Dinas Pendidikan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Sisi positif dan sisi negative saling berhubungan, demikian pula kegiatan – kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun anggaran 2015. Masukan sangat kami harapkan untuk menuju ke arah yang lebih baik.

LIHAT DAFTAR ISI

LIHAT DOKUMEN LKJ 2016

LIHAT LAMPIRAN 1,2 DAN 3

LIHAT RINCIAN KEGIATAN

STANDAT OPERASIONAL PRESEDUR (SOP)