Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

SOSIALISASI DAPODIK VERSI 2022

Sekretaris “Drs. Hendro Suwondo, M.Pd” berkenan membuka sosialisasi Desiminasi penguatan implementasi kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun yang dilaksanakan secara daring dengan peserta Operator SD/SMP dan koordinator operator PKBM seluruh Kabupaten Madiun pada tanggal 3 Agustus 2021.

Hendro Suwondo menginformasikan bahwa hari ini Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” tidak bisa mengikuti acara karena sedang mendampingi Bupati Madiun “Ahmad Dawami” kunjungan di SMPN 1 Geger dalam acara vaksinasi covid_19.

Menurut Hendro Suwondo, Tujuan Pembaruan aplikasi dapodik untuk penyempurnaan output data, selain itu karena pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2021/2022 wajib menggunakan aplikasi terbaru, yakni aplikasi dapodik versi 2022 yang harus dilaksankan agar aplikasi dapat digunakan sebagai alat untuk pengumpulan data dari satuan Pendidikan pada jenjang PAUD, SD, SMP, PKBM, ungkap

Sehubungan sangat pentinya sosialisasi dapodik V.2022, karena sangat erat hubungan dengan semua program bantuan, yakni BOS, PIP, DAK, dan tunjangan, maka peserta perlu untuk mencermati dengan seksama dalam mengikuti sosialisasi ini.

Yang perlu diperhatikan dalam pemutakhiran data adalah

  • Cut off untuk program BOS Reguler pada jenjang SD, SMP, SMA, SLB, dan SMK dilakukan pada tanggal 31 Agustus 2021, dan
  • Cut off untuk program BOP tahap 2 pada jenjang PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dan kesetaraan (SKB/PKBM) dilakukan pada tanggal 30 September 2021.

Aplikasi Dapodik versi 2022 telah menggunakan database versi baru yang dirilis dalam bentuk installer (tidak ada versi updater). Untuk itu, secara teknis diharuskan melakukan uninstall Aplikasi Dapodik versi sebelumnya terlebih dahulu. Proses Install Aplikasi Dapodik versi 2022 dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh file installer dan panduan Aplikasi Dapodik 2022 pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan,
  2. Lakukan instalasi Aplikasi Dapodik yang sudah diunduh.
  3. Lakukan refresh (Ctrl + F5).
  4. Lakukan registrasi Aplikasi Dapodik 2022

Setelah Aplikasi Dapodik versi 2022 terpasang, satuan pendidikan diwajibkan untuk merubah password lama, menjadi password baru dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Memiliki minimal 8 karakter,
  2. Mengandung huruf besar A-Z,
  3. Mengandung huruf kecil a-z,
  4. Mengandung angka 0-9, dan
  5. Mengandung tanda baca yang sesuai ketentuan

Yang tidak kalah penting bahwa sebenarnya aplikasi dapodik sudah lama, akan tetapi perlu adanya penyikapan untuk terus selalu mengikuti perkembangannya, mengapa demikian ? Karena output dapodik harus benar, tepat waktu, dan akurat, itulah harapan Hendro Suwondo.