Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PEKAN KEBUDAYAAN NASIONAL DAN DAERAH TAHUN 2020

Kepala Bidang Kebudayaan “Bariyanto, S.Pd” menginformasika bahwa belum semua Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang telah berhasil Menyusun “pokok pikiran kebudayaan daerah” yang merupakan salah satu syarat untuk mengikuti pekan kebudayaan nasional.

Kabuapaten Madiun masuk dalam 319 Kabupaten/kota yang telah berhasil Menyusun pokok pikiran Kebudayaan Daerah, oleh karena itu Kabupaten Madiun tahun ini bisa menyelenggarakan kompetisi pekan kebudayaan nasional dan daerah.

Pekan Kebudayaan daerah Kabupaten Madiun tahun 2020 akan dilaksanakan secara virtual dan akan disiarkan / dipublikasikan melalui canel youtube Pemkab Madiun, youtube Dinas Pendidikan dan Kebudayaan , youtube Disparpora dan youtube Madiun sor terop, tegas subari.

Perlu diketahui juga bahwa Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) merupakan serangkaian aktivitas berjenjang dari desa hingga pusat dengan tujuan melestarikan kebudayaan Indonesia. Juga sebagai wujud implementasi dari agenda strategi pemajuan kebudayaan , dengan cara menyediakan ruang bagi keberagaman ekspresi budaya, serta mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif

Dasar pelaksanaan adalah surat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan direktorat jenderal kebudayaan nomor : 5360/FFI/KB tanggal 20 Juli 2020 perihal penyelenggaraan pekan kebudayaan nasional dan pekan kebudayaan daerah.

Subari Kembali menegaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai pembinaan dan sekaligus apresiasi kepada para seniman seniwati Kabupaten Madiun.

Adapun jenis pertunjukan seni tradisi dalam rangka pekan kebudayaan daerah kabupaten Madiun tahun 2020 adalah tok-tok bruk, dongkrek, ludruk, ketoprak, dan wayang kulit dengan durasi wakstu masing-masing 1 sampai 2 jam, ungkap “Bambang Sigit Paminto, S.Sn” Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan.

Bambang Kembali menegaskan bahwa waktu pelaksanaan mulai tanggal 28 September s.d 2 Oktober 20120 dan tempat shoting secara luring di Gedung Dwijahayu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun.

Perlu diketahui bahwa dalam pelaksanaan tetap akan berpedoman pada peraturan covid-19, dalam hal ini kita akan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Madiun.

Menurut subari bahwa wajib patuh protokol Kesehatan covid-19, maka untuk pengambilan gambar vidio dilaksanakan pada malam hari setelah semua karyawan dan karyawati Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun pulang dari kantor.

Hal ini tentu saja untuk mencegah adanya kerumunan masa yang berlebihan sehingga penyebaran covid-19 bisa dicegah sedini mungkin agar tidak timbul kluster baru lagi.

Selain sebagai pencegahan juga sebagai contoh terhadap masyarakat sekitar, bahwa khususnya pelaku Pendidikan masih exis tetap patuhi protocol Kesehatan penyebaran covid-19 bukan justru malah sebaliknya.

Meskipun pelaksanaan dengan system daring, namun proses pembuatan video tetap dengan system luring yang mana semua pemain tetap melaksanakan seperti biasa, yakni ada peragaan atau tampilan di pangung terbuka namun tidak untuk komsumsi masyarakat umum.

Sebenarnya peragaan dalam pengambilan gambar video di panggung bisa disiarkan secara langsung melalui chanel youtube, namun kali ini dinas baru bisa mempublikasikan hasil gambar vedio lewat chanel youtube mulai tanggal 7 Oktober 2020.

Perlu diketahui bahwa arti daring adalah dalam jaringan yang artinya terhubung langsung melalui jaringan computer, internet dan media lainnya, sedangkan luring adalah luar jaringan yang artinya sebagai terputus dari dan antar jaringan computer.

Hari ini masih dalam persiapan panggung untuk peragaan kegiatan pada malam hari nanti, tinggal cek persiapan semua perlengkapan agar pelaksanaan nanti malam berhasil dengan sempurna, tegas Sugina, S.Sos Kasi Cagar Budaya.

Adanya wadah Pekan kebudayaan nasional dan daerah adalah merupakan salah satunya sebagai alat penangkal berbagai ancaman dari luar, khususnya pengaruh ideologi yang bertentangtangan dengan nilai-nilai Pancasila, itulah harapan Bariyanto.

Editor : Nunus Dwi Nugroho

Chanel youtube : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun

https://www.instagram.com/dikbud__kabmadiun/?hl=en

Sekecil ketidak jujuran, kami takut mereka akan terpengaruh !!!

Kabupaten Madiun Kampung Pesilat Indonesia

Wong madiun, madiun sedulurku kabeh (Jawa Timur), madiun, Pendidikan madiun, Pendidikan Kabupaten madiun, dispendikbud madiun, dispendikbud Kabupaten madiun, dindik Madiun, dindik Kabupaten Madiun. Dikbud kabupaten madiun, dikbud madiun.

Jumlah kecamatan ada 15, yakni Kecamatan Dolopo, Geger, Kebonsari, Dagangan, Wungu, Kare, Jiwan, Sawahan, Madiun, Balerejo, Wonoasri, Pilangkenceng, Mejayan, Saradan, dan Gemarang.

Brem, pecel (nasi pecel / sego pecel / krupuk pecel / opak pecel), seni dongkrek