Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MADIUN BERBUDAYA (MADA), TERINSPIRASI KERAJAAN MOJOPAHIT

Strategi pemajuan kebudayaan pada era milenial sebenaranya lebih mudah dalam mencari data pendukung, karena banyak aplikasi pendukung untuk itu semua.

Kunci utama dalam pembuatan profil Kebudayaan adalah salah satunya data pendukung yang akan diimplementasikan kedalam indikator-indikator yang hasilnya sebagai penentu dalam pengambilan kebijakan.

Bidang Kebudayaan yang dipandegani oleh Kepala Bidang Kebudayaan “Bariyanto, S.Pd,” pada tahun 2020 sudah mengawali membuat aplikasi sebagai pendukung data dan informasi yang yang akan dituangkan kedalam buku profil kebudayaan.

Bariyanto dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dibantu oleh semua pakar dari Bidang Kebudayaan, yakni “Sugina, S.Sos” Kasi Cagar Budaya, “Bambang Sigit Paminto, S.Sn” Kasi Kesenian Bidang Kebudayaan, dan “Hari Subagiyo, S.I.Kom” Koordinator teknis Staf Bidang Kebudayaan.

Sugino menegaskan bahwa diperlukan data periodik pada setiap tahunnya, karena data tersebut untuk dijadikan perbandingan kemudian dirumus menjadi data indicator yang mempunyai makna cerita, mudah dibaca dan dipahami oleh masyarakat.

dalam buku Profil Kebudayaan semua akan tertuang apa yang sudah dan belum direncanakan dan dilaksanakan, sehingga pimpinan mudah untuk mengambil kebijakan yang berdampak adanya kepuasan terhadap masyarakat, khususnya pelaku seni di Kabupaten Madiun.

Pemajuan Kebudayaan dalam rangka meningkatkan ketahanan Budaya melalui Perlindungan, Pengembangan, Pemanfatan, dan Pembinaan Kebudayaan bisa menjadi salah satu acuan atau pedoman dalam pengambilan kebijakan pimpinan, itulah harapan Bariyanto.

Narasi selengkapnya