Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

BANTUAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN WIRAUSAHA DARI DIREKTORAT PENDIDIKAN VOKASI

Kepala Bidang PAUD dan Dikmas “Prapto Purnomo, S.Pd” didampingi Kasi Pendidikan Masyarakat Bidang PAUD dan Dikmas “Dra. Anjar Kurniasri, M.Si membuka kegiatan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) di SDN Bagi 03 pada tanggal 23 Agustus 2020.

“Prapto Purnomo, S.Pd” menegaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan karena adanya beberapa permasalahan, yakni

  1. Mayoritas tenaga kerja memiliki tingkat pendidikan rendah (lulusan SMP/sederajat kebawah) tanpa keterampilan yang dibutuhkan pasar tenaga kerja;
  2. Sistem pendidikan dan pelatihan vokasi saat ini belum menghasilkan lulusan yang memadai dan memenuhi syarat untuk melakukan pekerjaan dengan keterampilan tinggi.
  3. Sistem pendidikan menghasilkan cukup banyak lulusan semi-terampil, sementara pasar kerja memiliki kapasitas yang terbatas untuk menyerap lulusan tersebut.
  4. Pengembangan bidang keahlian di lembaga pendidikan dan pelatihan vokasi belum sejalan dengan kebutuhan industri dan belum merespon kebutuhan pasar.

Kasi Pendidikan Masyarakat Bidang PAUD dan Dikmas “Dra. Anjar Kurniasri, M.Si menegaskan bahwa Kabuapten Madiun mendapat bantuan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) dari Direjen Vokasi tahun 2020 ada dua Lembaga.

Adapun Lembaga tersebut antara lain Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) BETHARIN Caruban “Mie Milenial” dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) MAWAR Madiun “Batik.”

Bantuan Pendidikan Kecakapan wirausaha (PKW) ini merupakan salah satu program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan khususnya direktorat jenderal Pendidikan vokasi direkturat kursus dan pelatihan Jakarta.

Salah satu sasarannya adalah warga masyarakat usia 15 s.d 30 tahun dengan prioritas usia 15 s.d 25 tahun dengan kriteria Putus sekolah atau lulus tidak melanjutkan, belum memiliki pekerjaan tetap atau menganggur, dan prioritas dari keluarga kurang mampu.

Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) adalah layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan menumbuhkan sikap mental wirausaha dalam mengelola potensi diri dan lingkungan yang dapat dijadikan bekal untuk berwirausaha.

Menurut Ketua Penyelenggara “Argo Gampil Ipung W, kegiatan ini merupakan Kerjasama antar Lembaga yaitu Direktorat pendidikan Vokasi , Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten, dan pelaku UMKM dan permodalan wilayah Kabupaten Madiun.

Arga Gampil Ipung W, selaku ketua penyelenggara melaporkan bahwa kegiatan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) ini merupakan kerjasama antar lembaga. Yaitu Direktorat pendidikan Vukasi ,Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun,Pelaku UMKM dan Permodalan.disamping merupakan komitmen dari Lembaga PKBM Mawar untuk meningkatkan kwalitas SDM Lulusan, juga mebangun mental berwirausaha dengan harapan di Kabupaten Madiun lahir Wirausah wirausah muda baru yang dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

Pengembangan bidang keahlihan dengan kebutuhan industry otomatis mengurangi angka pengangguran, itulah harapannya.

Editor : Nunus Dwi Nugroho

Chanel youtube : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun

https://www.instagram.com/dikbud__kabmadiun/?hl=en

Sekecil ketidak jujuran, kami takut mereka akan terpengaruh !!!

Kabupaten Madiun Kampung Pesilat Indonesia

Wong madiun, madiun sedulurku kabeh (Jawa Timur), madiun, Pendidikan madiun, Pendidikan Kabupaten madiun, dispendikbud madiun, dispendikbud Kabupaten madiun, dindik Madiun, dindik Kabupaten Madiun. Dikbud kabupaten madiun, dikbud madiun.

Jumlah kecamatan ada 15, yakni Kecamatan Dolopo, Geger, Kebonsari, Dagangan, Wungu, Kare, Jiwan, Sawahan, Madiun, Balerejo, Wonoasri, Pilangkenceng, Mejayan, Saradan, dan Gemarang.

Brem, pecel (nasi pecel / sego pecel / krupuk pecel / opak pecel), seni dongkrek