Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PELATIHAN TEKNIS ASSESMEN NASIONAL DI VOTEL KARTIKA ABADI MADIUN

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Dra. Siti Zubaidah, M.H” berkenan membuka kegiatan pelatihan Teknik assesmen Nasional jenjang sekolah dasar / sederajad yang didampingi Sekretaris “Drs. Hendro Suwondo, M.Pd” adapun rencana pelaksanaannya mulai tanggal 6 s.d 7 Oktober 2021 di Votel Kartika Abadi, Jalan Pahlawan No 54 Pangongan Kartoharjo Madiun.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar literasi, numerasi, dan karakter serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran, ungkap Kepala Dinas.

Jadi tidak hanya siswa, peserta Asesmen Nasional juga termasuk tenaga pendidik dan juga kepala satuan pendidikan. Hal ini tentu saja terjadi karena aspek penilaian dari Asesmen Nasional ini terdiri dari tiga instrumen utama, yaitu AKM Literasi-Numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Evaluasi tidak hanya berdasarkan skor rata-rata, tetapi juga perubahan skor atau tren dari satu tahun ke tahun berikutnya. Maka dari itu, evaluasi lebih merata karena memperhitungkan posisi awal yang beragam. Dan yang perlu menjadi catatan penting adalah Evaluasi tidak berorientasi pada perbandingan antar sekolah atau daerah, justru berorientasi pada perbaikan mutu pendidikan.

Assemen Nasional pesertanya tidak seperti Ujian Nasiona yang melibatkan seluruh siswa kelas 6 akan tetapi Assesmen Nasional hanya mengambil dari sebagian saja yang dipilih secara acak

Sasaran peserta pelatihan adalah operator / teknisi / perwakilan proktor Assesmen Nasional jenjang sekolah dasar / sederajat seluruh Kabupaten Madiun sejumlah 30 orang, dan peserta diharap melaksanakan rapid antigen maksimal 1 hari sebelum hari pelaksanaan dan melampirkan kuitansinya.

Sekali lagi, bahwa Asesmen Nasional (AN) merupakan pengganti dari Ujian Nasional (UN), yang akan diikuti tidak hanya siswa, tetapi juga guru dan kepala sekolah. Peserta khususnya siswa, perlu memenuhi syarat agar bisa mengikuti AN 2021.

Asesmen Nasional adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada satuan tingkatan pendidikan dasar dan menengah.

Assesmen Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional dilaksanakan untuk merubah paradigma tentang evaluasi Pendidikan sebelumnya, tidak mengevaluasi capaian peserta didik secara individu akan tetapi akan mengevaluasi system Pendidikan berupa input, proses dan hasil, itulah harapannya.

melihat foto selengkapnya