Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MEMBIASAKAN MENGAJARKAN KESABARAN

kesabaran merupakan salah satu sifat yang harus ditanamkan sejak dini, karena kesabaran merupakan salah satu pembentukan karakter siswa.

Setiap pagi selain hari senin siswa siswi SDN WUNGU 01 memulai kegiatan membiasakan sebelum jam pelajaran dimulai.

Kegiatan tersebut diisi dengan hafalan Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya, membaca 3 surat pendek serta doa mulai belajar secara bersama sama, pelaksanaan pada pukul 06.45 wib di halaman SDN WUNGU 01.

Setelah kegiatan tersebut ada hal penting yang ditanamkan pada siswa siswi yaitu bersalaman dengan bapak dan ibu guru.

Disini anak anak harus antri satu persatu sesuai urutan saat dia berbaris, saat seperti inilah kita mengamati satu persatu siswa, bila ada siswa yang mendahului barisan depannya guru menegur agar siswa kembali ke barisannya.

Butuh beberapa bulan untuk menanamkan kesabaran budaya antri seperti ini, hingga sampai saat ini tanpa diawasi guru siswa siswi dengan sabar menanti giliran untuk bersalaman dengan bapak ibu guru tanpa mendahului.

Budaya antri memang sulit ditanamkan kepada siswa siswi, sebagai guru kita harus telaten untuk menanamkan kebiasaan tersebut.

Saya fikir menanamkan ilmu pengetahuan lebih mudah daripada menanamkan sikap untuk membentuk karakter siswa, efek dari budaya antri tersebut membuat siswa menjadi lebih sabar, telaten (mau menunggu giliran), membentuk sifat lemah lembut penuh kasih sayang, jujur( sesuai dengan urutan), perbuatan tersebut diharapkan berimbas pada kehidupan bersosialisai baik didalam sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.