PERMAINAN “HARUN” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA

Bermain adalah bagian penting dari tumbuh kembang anak belajar juga bias digunakan sebagai salah satu sarana membantu anak belajar. Pembelajaran yang menyenangkan dapat membuat  anak memahami materi pelajaran lebih mudah dan menumbuhkan minat belajar pada anak. Pelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa matapelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna untuk siswa SDN Purworejo 01.

Pelajaran tematik yang dikemas dalam sebuah kegiatan pembelajaran yang menarik dapat melengkapi jenis-jenis kemampuan belajar anak. Sepeti kegiatan siswa siswi kelas IV  SDN Purworejo 01 sedang bermain sambil belajar dalam permainan harun.

Apa itu Harun? harun adalah permainan mencari harta karun. Harta karun yang dimaksud disini berupa soal untuk menjawab pertanyaan/ melaksanakan praktek.  Harta karun disebar di sejumlah tempat yang telah ditentukan guru.Permainan bisa dilaksanakan secara individu maupun kelompok. Mereka berusaha menjawab pertanyaan yang telah disediakan dengan mencari jawaban di halaman sekolah.

Sambil berlari dan bercanda dengan teman mereka berusaha mendapatkan jawaban. Tujuan Permainan harun menumbuhkan motivasi siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan kegiatan permainan, Menghilangkan kejenuhan siswa dalam kegiatan belajar, menumbuhkan keberanian siswa untuk menjawab pertanyaan atau melaksanakan kegiatan praktek, memanfaatkan barang bekas yang ada di sekitar lingkungan sekolah untuk kegiatan belajar.

Peralatan yang digunakan adalah sedotan bekas berukuran besar yang ada di sekitar sekolah, Koran bekas untuk reward piala permanen, kertas bekas untuk bendera, lidi ,gunting dan kertas kecil berisi soal/ perintah praktek.

Kelebihan permaian ini siswa merasa senang ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa bergerak aktif selama permainan, biaya untuk pelaksanaan yang murah hanya berbekal barang bekas, siswa tergerak untuk lebih giat belajar dalam mendalami materi yang akan digunakan untuk permaianan harun dan persiapan permaian yang mudah dilakukan oleh guru.

Tata cara permainan adalah beberapa hari sebelum harun dimulai guru menginformasikan materi sumber energy yang akan digunakan untuk bahan permainan harun agar anak belajar materi ini sebelum permaian dilaksankan. Guru menyebar harta karun dibeberapa titik yang ada di halaman sekolah. Siswa dikumpulkan guru di halaman sekolah untuk berdoa dan mendengarkan tata cara permaian “harun”.  Siswa yang telah mendapatkan lima buah harta karun kemudian bergegas menemui guru untuk menyerahkan harta karun miliknya.

Waktu pencarian harta karun dibatasi selama 30 menit.  Harta karun dibuka satu per satu dan siswa yang menjawab soal yang ada di harta karun yang ditemukannya.  Setiap harta karun yang dijawab dengan benar akan mendapatkan nilai 20 per soal dan juga 1 bendera warna hijau.  Harta karun yang tidak dapat dijawab dengan benar akan mendapatkan nilai 10 per soal dan 1 berdera warna kuning.

Siswa yang tidak dapat menemukan harta karun akan mendapatkan berdera warna merah. Diakhir permaian guru memberikan apresiasi barupa piala permen bagi siswa yang mampu menemukan 5 harta karun dan menjawab soal dengan benar.  Apresiasi berupa piala permen juga diberikan kepada siswa yang bermain sportif selama permaian ‘Harun”.

Dari permainan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan murid yang memiliki kecerdasan di bidang kinestik dan lingustik. Tata cara permainan harun Beberapa hari sebelum Harun dimulai guru menginformasikan materi Sumber Energi yang akan digunakan untuk bahan permainan Harun, agar anak belajar materi ini sebelum permainan dilaksanakan.Kegiatan ini dilakukan setiap satu topic tematik yang dilaksankan.

Diharapkan melalui berbagai permainan dapat meningkatkan minat belajar anak, yang memiliki kecerdasan berbeda-beda dan dapat menjawab tantangan yaitu pendidikan yang berorentasi pada siswa dan dapat menumbuhkan semangat siswa dengan yel-yel dan tepuk tangan. Selain itu siswa juga dapat belajar untuk memecahkan masalah secara tidak langsung serta mengajarkan siswa untuk lebih mandiri dan percaya diri dengan kemampuannya.

Sesuai dengan visi dan misi sekolah SDN Purworejo 01 Kec.Geger pendidikan karakter yang dicanangkan oleh mendikbud merumuskan bahwa kebutuhan karakter penting ditanamkan pada siswa, khusunya pada usia dini.  Melalui permainan harun dalam pembelajaran tematik siswa belajar tentang karak tersepert isportif, kejujuran, kerjasama dan kepercayaan diri.