Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MENGEMBANGKAN BAKAT MUSIK MELALUI EKSKUL DRUMBAND

Drumband merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SDN Bangunsari 01 Kec. Mejayan Kab. Madiun. Kegiatan ekskul ini mulai terbentuk pada tahun 2015. Selain drumband, SDN Bangunsari 01 sendiri memiliki ekskul lain diantaranya Pramuka, Karawitan dan BTQ (Baca Tulis Qur’an). Setiap ekskul tersebut berlatih satu kali dalam satu minggu, latihan akan lebih intensif saat mereka akan mengikuti lomba.

Diantara berbagai ekskul tersebut, drumband adalah ekskul yang paling banyak diminati oleh siswa. Melalui ekskul drumband siswa dapat belajar banyak hal diantaranya kedisiplinan, kekompakan serta rasa percaya diri. Selain itu siswa siswi SDN Bangunsari 01 dapat menyalurkan minat dan bakat mereka pada bidang seni, khuisusnya seni musik.

Ekskul dengan nama Gita Bangsa Nada ini diikuti oleh siswa kelas 3 sampai kelas 6 dengan jumlah personil 45 siswa. Agung Budi Prasojo, S.Pd selaku kepala sekolah SDN Bangunsari 01 mengungkapkan,” Untuk menampilkan lagu serta musik yang harmonis grup Drumband Gita Bangsa Nada ini harus tampil kompak. Oleh karena itu pihak sekolah mendatangkan pelatih professional dari luar sekolah.” Dengan mendatangkan pelatih professional diharapkan grup drumband ini dapat tampil terbaik dalam lomba-lomba maupunkegiatan umum lainnya.

“Tidak heran melalui polesan seni yang diajarkan Pak Kadiran selaku pelatih, grup Drumband Gita Bangsa Nada ini berhasil meraih Juara Harapan I daam lomba drumband tingkat SD se-Kab. Madiun pada Agustus 2018 lalu”, imbuhnya. Melalui ekskul drumband ini SDN Bangunsari 01 juga memperoleh berbagai prestasi lain diantaranya Juara Harapan I Gita Pati dalam unjuk gelar drumband SD/MI dalam rangka HUT Bhayangkara ke-72 pada Januari 2018 lalu dan Juara Harapan III dalam lomba drumband tingkat SD se-Kab. Madiun pada tahun 2017 lalu.

Kepala Sekolah SDN Bangunsari inipun menambahkan,” Diharapkan dengan kegiatan ekskul ini mampu menjadi wadah para siswa dalam mengembangkan bakatnya dibidang kesenian sehingga bakat yang mereka miliki tidak tertahan pada diri mereka masing-masing tapi mampu mengekspresikannya dihadapan semua orang.” (VIKI DENI FERIANTI S.Pd)

Prestasi yang dimiliki SDN Bangunsari 01 Kec. Mejayan Kab. Madiun:

-          Juara I Lomba Yel-Yel Tingkat SD dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional th 2017

-          Juara Harapan I Lomba Drumband tingkat SD se-Kab. Madiun th 2018

-          Juara Harapan I Gita Pati dalam Unjuk Gelar Drumband SD/MI dalam rangka HUT Bhayangkara ke-72 th 2018

-          Juara Harapan III Lomba Drumband tingkat SD se-Kab. Madiun pada tahun 2017