Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

LATIH WIRAUSAHA SISWA, ANDALKAN POTENSI KEDELAI

Bersama guru kelas puluhan siswa SDN Metesih 01 berlatih wirausaha membuat susu kedelai. Potensi kedelai melimpah di Desa Metesih yang sedang panen raya dimanfaatkan oleh guru SDN Metesih 01 untuk melatih siswanya berwirausaha yakni membuat susu kedelai.”Kami memanfaatkan potensi yang ada, selain pengetahuan kami juga mendidik siswa untuk berlatih berwirausaha sejak dini” Tutur Sutrisno Kepala SDN Metesih 01.

Siswa-siswa membuat susu kedelai bersama guru kelas, yang kami ajak adalah siswa kelas atas terlebih dahulu karena dalam pembuatan menggunakan alat elektronik seperti blender dan kompor. Sedangkan siswa kelas rendah belajar dengan melihat proses pembuatan susu kedelai tersebut dan menikmatinya, karena susu kedelai hasil buatan siswa – siswi di jual di kantin sekolah sebagai produk unggulan sekolah.

Tidak hanya dapat dinikmati oleh siswa – siswi susu kedelai juga di jual kepada guru, tamu, dan juga masyarakat. Pelatihan Wirausaha dipandang sangat penting, dan harus dilakukan sedini mungkin dengan mencoba wirausaha yang sederhana dan kecil terlebih dahulu. Siswa – siswi juga bangga dapat menghasilkan uang dengan berjualan.

Harapan pihak sekolah kegiatan berlatih berwirausaha ini dapat menghasilkan siswa-siswi yang kreatif dan memiliki keterampilan, bukan hanya ilmu pengetahuan yang diperoleh tetapi kesiapan dalam berwirausaha.