Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MENGAJARKAN MAKNA DARI NILAI-NILAI AGAMA YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN ALAT MUSIK

Kesenian hadroh merupakan salah satu kesenian musik tradisional islam di Indonesia. Dengan seiring berjalannya waktu, kesenian ini mengalami banyak perkembangan. Hadroh identik dengan pondok pesantren dan madrasah tapi sekarang kesenian ini tidak hanya di pondok pesantren atau madrasah di sekolah dasar pun ada kesenian hadroh. Salah satunya di SDN Kedondong 01.

Kesenian hadroh merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler di SDN Kedondong 01. Kami memilih ekstrakurikuler hadroh karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang syair Islam. “Dengan adanya Ekstrakurikuler Hadroh bisa mengembangkan kreativitas dan memupuk bakat dan minat anak, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya Islam” ungkap Kepala SDN Kedondong 01 Aniswatul Mukarramah, S.Pd.I.

Selain itu kesenian hadroh juga memiliki banyak nilai – nilai Islam yaitu Akidah, Akhlak, Ibadah dan Sosial. Anak – anak belajar hadroh mulai dari kelas 4. Kegiatan ini dilakukan satu kali dalam seminggu pada hari rabu. Anak – anak sangat antusias dalam mengikuti ekstrakurikuler ini. “Kesenian Hadroh bisa meningkatkan semangat kebersamaan, kekompakan, dan kedisiplinan antar peserta didik” ungkap Supriadi selaku pembimbing Hadroh SDN Kedondong 01.

Aniswatul Mukarramah, S.Pd.I berharap, dengan adanya ekstrakurikuler hadroh, siswa tidak melupakan kesenian yang kelihatannya mayoritas dianggap tidak penting itu, karena sebenarnya  syair di hadroh secara tidak langsung dapat mengajarkan makna dari nilai-nilai agama yang dikombinasikan dengan alat musik.