Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA, MELATIH SISWA MANDIRI

WUNGU – banyak cara yang dapat dilakukan sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum 2013.  Telah kita ketahui bahwa kurikulum 2013  ini adalah bagian kebijakan pemerintah  dalam penguatan pendidikan karakter guna menghadapi abad 21.  Guru dan tenaga kependidikan di sekolah harus mampu mempersiapkan peserta didik menjadi sumber daya manusia yg handal dan mampu bersaing di masa depan. Mungkin hal inilah yang menjadi salah satu pendorong SDN Sidorejo 01, kec. wungu untuk selalu berinovasi, salah satunya adalah dengan mengajarkan wirausaha kepada anak didiknya.

Program wirausaha ini sudah mulai dilaksanakan sejak bulan November 2018  yang lalu. Anak-anak terlihat sangat bersemangat sekali, apalagi saat dagangan mereka habis terjual, ada rasa bahagia yang terpancar dari raut wajah mereka. Kegiatan wirausaha ini dilakukan oleh siswa siswi kelas IV-VI secara bergiliran. Setiap harinya ada 6 anak yang membawa makanan hasil olahan mereka untuk dijual di kantin sekolah, dan mereka sendirilah yang melayani pembeli.

‘’Menumbuhkan jiwa wirausaha sejak dini kepada anak sangatlah penting, agar mereka mampu bersaing di masa depan, dengan mengajari anak mandiri, siswa juga dapat memiliki sikap peduli dan suka membantu orang tua” kata Nur Warsiati,S.Pd , Kepala SDN Sidorejo 01 kec. Wungu

Cara yang dilakukan SDN sidorejo 01 kec. wungu ini adalah dengan mengajak anak didiknya untuk menjual hasil karya mereka di sekolah. Hasil karya yang dijual siswa boleh berupa makanan,kerajinan yang dibuat sendiri oleh siswa. Namun, kebanyakan dari mereka  menjual makanan. Kepala SDN Sidorejo 01 kec. wungu menghimbau kepada anak-anak agar makanan yang mereka jual adalah  makanan yang benar-benar hasil olahan mereka dirumah bukan membeli di pasar atau warung yang sudah jadi.Programtersebut ternyata disambut antusias oleh siswa, mereka senang sekali ketika Ibu Kepala Sekolah mengumumkan program tersebut.

Hasil masakan yang biasa mereka jual bermacam-macam mulai dari gorengan, nasi goreng, mie goreng, es lilin, jus buah, puding dan lainnya.

 ‘’Dengan kegiatan wirausaha ini, Kami berharap siswa memiliki bekal di kehidupan dimasa mendatang dan dapat meningkatkan kualitas kehidupan.”tegas Etik Hansriyani.