MEMBANGKITKAN GAIRAH SISWA DENGAN MENGETAHUI SEGALA PERMASALAHAN

            

  

 

     

Sekretaris Dinas (Sekdin) “Drs. Hendro Suwondo, M.Pd” memimpin apel pagi yang bertepatan dengan HUT Korpri ke 50 dengan tema “ASN Bersatu, KORPRI Tangguh, Indonesia Tumbuh, pada tanggal 29 November 2021 di Gedung belakang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan K

Kepala Dinas Pendidikan dan kebuadayaan Kabupaten Madiun “Dra. Siti Zubaidah, M.H” memimpin langsung upacara Hari Guru nasional 2021 dan HUT PGRI 76 dengan mengusung tema “Bergerak dalam hati, pulihkan Pendidikan” pada tanggal 25 November 2021 di Dinas Pe

Tidak lupa datang juga , Ketua PGRI “Drs. Suprijadi, M.Pd” juga mendampingi Kepala Dinas dalam memimpin Upacara, dan beserta seluruh pejabat, yakni Sekretris, Kabid Bidang Pembinaan SMP, Kabid Pembinaan SD, Kabid Ketenagaan, Kabid PAUD dan Dikmas, dan Kabid Kebudayaan.

17/11/2021, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun “Dra. Siti Zubaidah, M.H” menyerahkan Buku Profil Cagar Budaya Kepada Tim SPKT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia sebagai wujud Pelestarian Caga

17/11/2021, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Dra. Siti Zubaidah, M.H” membuka kegiatan diklat vokasi membatik di PKBM Mawar SDN Bagi 03 Kecamatan Madiun yang didampingi “Prapto Purnomo S.Pd” Kabid Paud dan Dikmas.

15/11/2021, Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” Monitoring Asesmen Nasional (AN), Beliau disambut oleh Kepala Sekolah “Katiman” SDN Dolopo 01.Kecamatan Dolopo

15/11/2021, Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” Monitoring Asesmen Nasional (AN), Beliau disambut oleh Kepala Sekolah “Purwati” SDN Candimulyo 01 Kecamatan Dolopo.

15/11/2021, Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” Monitoring Asesmen Nasional (AN), Beliau disambut oleh PLT Kepala Sekolah “indarwati” SDN Bangunsari 01 Kecamamatan Dolopo

Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” (palig kiri) foto bersama setelah mengikuti upacara peringatan hari pahlawan tahun 2021 di Pendopo Ronggo Djumeno Caruban Kabupaten Madiun.

Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” mendampingi Bupati Madiun Ahmad Dawami pada acara “Konkerkab PGRI Kabupaten Madiun 2021” pada tanggal 5 November 2021 di Sarangan.

Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” mendamingi Bupati Madiun Ahmad Dawami pada acara presentasi dan wawancara kovablik Jatim pada tanggal 13/10/2021 di Pendopo Muda Graha Jalan Alun-alun Utara No. 4 Kota Madiun

LIHAT FOTO SELENGKAPNYA

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Dra. Siti Zubaidah, M.H” membuka kegiatan fasilitasi pemanfaatan Bahan Belajar berbasis jejaring TIK pendidikan Tahun 2021 yang didampingi Sekretaris Dinas “Drs. Hendro Suwondo, M.Pd” bekerja sama dengan Balai Penge

MELIHAT FOTO SELENGKAPNYA

Ada apa dengan Pendidikan ? Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” menerima tamu ketua PGRI Kabupaten Madiun “Drs. Suprijadi, M.Pd” beserta pengurus pada tanggal 11-10-2021 di Ruang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Kadin membuka Pelatihan Teknis Assesmen Nasional di dampingi Sekdin 6-10-2021 di Votel Kartika Abadi Madiun

MELIHAT FOTO SELENGKAPNYA

5/10/2021, Kadin pantau persiapan Asesmen Nasional (AN) kesetaraan paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mawar, Desa Bagi Kecamatan Madiun (AN PENGGANTI UJIAN NASIONAL)

5/10/2021, Kadin pantau persiapan Asesmen Nasional (AN) Kesetaraan Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) KA-ER Balerejo (AN PENGGANTI UJIAN NASIONAL)

MEMBANGKITKAN GAIRAH SISWA DENGAN MENGETAHUI SEGALA PERMASALAHAN

Created on Monday, 25 February 2019 23:44
Hits: 1848

Melihat beberapa siswa ada yang masih kurang bergairah dalam menyerap pelajaran, apalagi melihat hasil ulangan harian juga semakin menurun, capaian rata-rata sekolah kurang dari harapan, hal ini tidak boleh dibiarkan, harus diselidiki penyebanya, ungkap Kepala SDN Bangunsari 02 Dolop Titik Indarwati.

Dengan menanyakan kepada siswa, apakah mereka sebelum pergi sekolah ada yang tidak sarapan, mungkin tidak sempat karena orang tuanya sibuk atau mempunyai kepentingan lain, selain itu juga bertanya tentang makan apa yang paling tidak disukai dan sebaliknya.

Ternyata setelah diambil kesimpulan, dari sekian siswa banyak yang tidak suka makan sayur, menurut mereka tidak ada rasanya dan ada yang pahit, hal ini tentunya merupakan salah satu penyebab mengapa mereka kurang bergairah dalam mengikuti proses Kegiatan Belajar Mengajar.

Rasa pahit pada sayur karena adanya kandungan kalsium serta senyawa bermanfaat lain seperti fenol, favenoids, isoflavon, terpene, dan glucosmolates, hal ini penyebab sayur tidak disukai siswa satuan pendidikan tingkat dasar.

“Guru merasa kesulitan, akibat belum meratanya kesadaran siswa untuk bisa lebih fokus dalam melaksankanan proses Kegiatan belajar mengajar dengan segala permasalahan yang mereka hadapi, baik dilingkungan sekolah maupun di rumah”, Titik Indarwati kembali menegaskan.

Ada beberapa siswa tidak dibiasakan oleh orang tua makan sayur sejak masih balita, akhirnya menyulitkan untuk mengusahakan mereka dalam membiasakan makan sayur, padahal semakin dewasa semakin banyak aktifitas, tentunya semakin memerlukan asupan gizi tinggi.

SDN Bangunsari 02  bekerja sama dengan wali murid untuk menumbuhkan budaya makan sayur, karena sayur sangat penting bagi tumbuh kembang siswa. dan kelihatannya mereka sangat antusias dengan adanya program sekolah ini karena siswa dirumah sangat sulit untuk makan sayur.

“Program budaya makan sayur yang diterapkan sekolah kami setiap dua minggu sekali, meskipun kesannya sedikit ada paksaan, namun mempunyai harapan besar agar siswa lebih bergairah kembali dalam menyerap pelajaran yang berdampak adanya pemerataan hasil prestasi,” ungkap penulis, Esa Primarani.