SCIENCE CAMP DALAM RANGKA MENYIAPKAN MENTAL PESERTA DIDIK

            

  

 

     

Sekretaris Dinas (Sekdin) “Drs. Hendro Suwondo, M.Pd” memimpin apel pagi yang bertepatan dengan HUT Korpri ke 50 dengan tema “ASN Bersatu, KORPRI Tangguh, Indonesia Tumbuh, pada tanggal 29 November 2021 di Gedung belakang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan K

Kepala Dinas Pendidikan dan kebuadayaan Kabupaten Madiun “Dra. Siti Zubaidah, M.H” memimpin langsung upacara Hari Guru nasional 2021 dan HUT PGRI 76 dengan mengusung tema “Bergerak dalam hati, pulihkan Pendidikan” pada tanggal 25 November 2021 di Dinas Pe

Tidak lupa datang juga , Ketua PGRI “Drs. Suprijadi, M.Pd” juga mendampingi Kepala Dinas dalam memimpin Upacara, dan beserta seluruh pejabat, yakni Sekretris, Kabid Bidang Pembinaan SMP, Kabid Pembinaan SD, Kabid Ketenagaan, Kabid PAUD dan Dikmas, dan Kabid Kebudayaan.

17/11/2021, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun “Dra. Siti Zubaidah, M.H” menyerahkan Buku Profil Cagar Budaya Kepada Tim SPKT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia sebagai wujud Pelestarian Caga

17/11/2021, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Dra. Siti Zubaidah, M.H” membuka kegiatan diklat vokasi membatik di PKBM Mawar SDN Bagi 03 Kecamatan Madiun yang didampingi “Prapto Purnomo S.Pd” Kabid Paud dan Dikmas.

15/11/2021, Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” Monitoring Asesmen Nasional (AN), Beliau disambut oleh Kepala Sekolah “Katiman” SDN Dolopo 01.Kecamatan Dolopo

15/11/2021, Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” Monitoring Asesmen Nasional (AN), Beliau disambut oleh Kepala Sekolah “Purwati” SDN Candimulyo 01 Kecamatan Dolopo.

15/11/2021, Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” Monitoring Asesmen Nasional (AN), Beliau disambut oleh PLT Kepala Sekolah “indarwati” SDN Bangunsari 01 Kecamamatan Dolopo

Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” (palig kiri) foto bersama setelah mengikuti upacara peringatan hari pahlawan tahun 2021 di Pendopo Ronggo Djumeno Caruban Kabupaten Madiun.

Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” mendampingi Bupati Madiun Ahmad Dawami pada acara “Konkerkab PGRI Kabupaten Madiun 2021” pada tanggal 5 November 2021 di Sarangan.

Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” mendamingi Bupati Madiun Ahmad Dawami pada acara presentasi dan wawancara kovablik Jatim pada tanggal 13/10/2021 di Pendopo Muda Graha Jalan Alun-alun Utara No. 4 Kota Madiun

LIHAT FOTO SELENGKAPNYA

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Dra. Siti Zubaidah, M.H” membuka kegiatan fasilitasi pemanfaatan Bahan Belajar berbasis jejaring TIK pendidikan Tahun 2021 yang didampingi Sekretaris Dinas “Drs. Hendro Suwondo, M.Pd” bekerja sama dengan Balai Penge

MELIHAT FOTO SELENGKAPNYA

Ada apa dengan Pendidikan ? Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” menerima tamu ketua PGRI Kabupaten Madiun “Drs. Suprijadi, M.Pd” beserta pengurus pada tanggal 11-10-2021 di Ruang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Kadin membuka Pelatihan Teknis Assesmen Nasional di dampingi Sekdin 6-10-2021 di Votel Kartika Abadi Madiun

MELIHAT FOTO SELENGKAPNYA

5/10/2021, Kadin pantau persiapan Asesmen Nasional (AN) kesetaraan paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mawar, Desa Bagi Kecamatan Madiun (AN PENGGANTI UJIAN NASIONAL)

5/10/2021, Kadin pantau persiapan Asesmen Nasional (AN) Kesetaraan Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) KA-ER Balerejo (AN PENGGANTI UJIAN NASIONAL)

SCIENCE CAMP DALAM RANGKA MENYIAPKAN MENTAL PESERTA DIDIK

Created on Tuesday, 22 January 2019 05:57
Hits: 1641

Kegiatan rutin dalam mengakhiri masa pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah kegiatan Ujian Nasional yang setiap tahun menjadi polemik karena hasil Ujian Nasional belumlah mencerminkan kompetensi peserta didik yang sesungguhnya, namun bagaimanapun hasil darI Ujian Nasional merupakan kebanggan tersendiri bagi peserta didik, orang tua, dan sekolah. Suksesnya Ujian Nasional adalah sukses peserta didik, sukses orang tua, dan suksesnya sekolah dalam mengemban tugas mengantarkan peserta didik ke jenjang berikutnya.

 

Kegiatan yang spektakuler diselenggarakan oleh SMP Negeri 1 Geger dalam menyongsong kegiatan Ujian Nasional 2019 yang dikemas dalam kegiatan Science Camp 2019 selama 2 hari, kegiatan tersebut meliputi: Out Bound, Science kompetition, Motivtation and Character Building, dan Parenting. Tujuan umum dari kegiatan ini adalah mensinergikan hubungan orang tua dan sekolah dalam menyiapkan mental peserta didik dalam menghadapi Ujian Nasional karena pendidikan bukanlah hanya tanggung jawab lembaga pendidikan tetapi juga merupakan tanggung jawab orang tua.

Sedangkan tujuan dari masing-masing kegiatan adalah sebagai berikut: Out Bound adalah salah satu kegiatan untuk menyiapkan peserta didik sehingga mampu bekerja secara individu dan secara tim dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi. Science kompetition bertujuan untuk menyiapkan peserta didik secara akademik dalam menghadapi permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran di berbagai mata pelajaran. Motivation dan Charakter building adalah kegiatan dalam membentuk watak peserta didik sehingga peserta didik diharapkan menyadari setiap kompetensi dan kekuatan diri yang dimiliki sehingga dapat mengaktualisasi segala kemampuan diri secara maksimal untuk meraih suatu kesuksesan. Kegiatan parenting sangat bermanfaat untuk mensinergikan keinginan peserta didik dan orang tua dalam serta mengharmoniskan kembali hubungan anak dan orang tua yang mungkin selama ini kurang bagus karena adanya pemaksaan-pemaksaan kehendak baik dari orang tua maupun anak.

Kesuksesan kegiatan science camp SMPN 1 Geger tahun 2019 ini karena dukungan dari berbagai pihak: 1) kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Sodik Hery Puronomo S.Si yang terlibat langsung sebagai motivator dalam penyiapan mental peserta didik; 2) Paguyuban orang tua peserta didik SMPN 1 Geger yang memfasilitasi segala bentuk sarana dan prasarananya; 3) Tim Guru SMPN 1 Geger yang menyiapkan segala materi kegiatan baik secara akademik dan non akademik; 4) serta kerjasama pihak sekolah dengan Tim dari Amazing Trainner.

Menurut informasi salah satu guru pembimbing Wawan, jumlah peserta ada 96 siswa dan tempat pelaksanaan di Gedung Pusdiklat Perhutani Madiun.