Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

SDN BALEREJO 02 KEBONSARI, PERSIAPAN MERAIH PRESTASI TERBAIK

Kebonsari-Dalam rangka melaksanakan pendidikan yang berkualitas,beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa selain melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan  kurikulum,sekolah ini juga memberikan muatan karakter dalam pembelajaran sehari- hari.Karakter bertujuan  menanamkan perilaku siswa dalam berinteraksi dengan Tuhan, diri sendiri, dan sesama manusia.Sebagaimana diketahui dalam era serba digital ini anak- anak perlu pondasi yang kuat dalam membentengi diri dari berbagai macam pengaruh negatif yang setiap saat datang. Pilar- pilar karakter yang perlu ditanamkan kepada anak- anak diantaranya nilai – nilai kejujuran,keadilan, rasa hormat, dan saling menghargai.

Kegiatan ekstrakurikuler juga dikembangkan agar peserta didik dapat mengembangkan bakat, minat serta kemampuannya di berbagai bidang non akademik. Selain itu  kegiatan ini bermanfaat untuk menyalurkan hobi siswa- siswi secara positif sekaligus untuk mengasah kreatifitas, dan meningkatkan rasa percaya diri.

Beberapa kegiatan ektrakurikuler yang dikembangkan antara lain pramuka sebagai ektrakurikuler wajib, dalam bidang keagamaan diajarkan Qiroah dan Tartil Quran Juz 30, ektrakurikuler tari mengajarkan tari tradisional dan tari modern. Pada bulan Desember 2018 siswa dari sekolah ini mewakili kecamatan Kebonsari mengikuti lomba Qiroah dalam rangka memperingati HUT Kemenag di kantor kemenag Mejayan.

Hal ini menjawab keinginan masyarakat yang menghendaki agar putra putrinya selain mampu dalam bidang pengetahuan juga dalam bidang keagamaan. Pembinaan olympiade diadakan setiap awal semester 2 setiap tahun pelajaran yang berguna untuk mempersiapkan para siswa dalam seleksi olimpiade MIPA dan siswa prestasi setiap tahunnya.Tahun pelajaran 2017/2018 anak didik dari sekolah ini mendapat juara 1 tingkat kecamatan yang sekaligus mewakili ke tingkat kabupaten yang meraih harapan 3 untuk mapel IPA.

Begitupun untuk mata pelajaran matematika memperoleh harapan 1 tingkat kecamatan. Tentu saja hal ini menjadi cambuk bagi guru pembimbing dan siswaagar lebih baik lagi. Dalam hal mengembangkan dan meningkatkan kecintaan anak dalam membaca dilaksanakan kegiatan literasi setiap hari sepuluh menit menjelang pembelajaran. Hal ini sangat efektif untuk mendorong minat anak untuk membaca. Sekolah initidak henti- hentinya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengikut sertakan guru – guru dalam seminar, diklat maupun bimtek baik yang diadakan dari dinas pendidikan maupun secara mandiri. Lembaga pendidikan yang dipimpin oleh Bp. Muchsin S,Pd.SD ini senantiasa berkomitmen untuk mencetak anak didik yang berprestasi, dan memiliki karakter yang baik (enik).