Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MENGENAL TOLERANSI SEJAK DINI

Keluarga berperan penting dalam mendidik anak untuk membangun pribadi dan karakter setiap individu. Oleh karena itu, orang tua berperan penting dalam mengajarkan anak tentang sikap-sikap toleransi kepada anak sejak dinia.

Empat sikap toleransi pada anak :

  1. Mengenalkan keragaman, Indonesia memiliki keberagaman suku, agama, dan budaya. Pengenalan tentang       keberagaman tersebut kepada anak sejak dini akan menumbuhkan jiwa toleransi pada diri mereka.
  2. Mengajarkan anak untuk mencintai dan menghargai perbedaan, sikap saling menghormati dan menghargai, baik di lingkungan keluarga pertemanan, dan lingkungan masyarakat akan menghindarkan terjadinya diskriminasi pada suatu kelompok masyarakat.
  3. Mencontohkaan sikap teladan kepada anak, pada usia di bawah 4 tahun, anak cenderung memiliki sifat egosentris, sehingga anak mampu dengan mudah menyerap apa yang dilakukan orang tua maupun orang-orang di sekitaranya.
  4. Menjaga sifat toleransi, jiwa toleransi yang tinggi sangat penting untuk dimiliki oleh anak. Jika Jiwa toleransi sudah tertanam sejak dini, maka, anak dapat melawan kefanatikan, rasisme, dan prasangka dengan mudah.

Semoga dengan terbangunnya jiwa toleransi kepada siswa, mereka bisa mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk meraih kesuksesan, itulah harapannya.

Chanel youtube : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun

https://www.instagram.com/dikbud__kabmadiun/?hl=en

berita Madiun, berita seputar Madiun, info Pendidikan Madiun

info dari Kemendikbud