CAPAIAN NILAI HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) 80,10
- Details
- Created on 26 January 2022
- Hits: 323
Hasil Survei kepuasan masyarakat dan kajian indeks kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan pelayanan public Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun Tahun 2021, sebagai upaya untuk mengetahui kondisi dan perkembangan pelayanan public sekaligus perbaikan secara terus menerus terhadap mutu pelayanan kepada masyarakat.
Kegiatan survey Kepuasan Masyarakat (SKM) harus dilaksanakan secara berkala setiap tiga bulan sekali, enam bulan sekali, atau setidaknya sekali dalam satu tahun oleh pihak eksternal sebagai control netralitas pelaksanaan survey. Dan, dilakukan secara berkelanjutan sebagai dasar peningkatan kualitas dan inovasi pelayanan public serta kemungkinan replikasi inovasi pelayanan public.
Disamping sebagai upaya pengukuran kinerja pelayanan instrument Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) ini sekaligus dapat dijadikan evaluasi bagi kinerja pelayanan. Sebab dengan mengetahui IKM dapat dilakukan Langkah-langkah kreatif inovatif untuk selalu mengadakan perbaikan pelayanan yang menuju kea rah pelayanan prima.
Kami menyadari bahwa untuk kategori kompetensi pelaksana layanan, sarana dan prasarana pelayanan, dan waktu penyelesaian pelayanan masih dalam penilaian kurang baik karena berada direntang nilai rata-rata konversi kurang.
Namun untuk tahun 2022 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun sudah membangun ruang khusus untuk pelayanan, bisa dicoba dating ke ruang pelayanan sekarang.
Nilai IKM untuk Tahun 2021 mendapai nilai 80,10 dengan jumlah responden 300 orang dengan rincian SMP ke bawah 0 orang, SMA sederajad 25 orang, diploma 17 orang, S1 244 orang, S214 orang, S3 0 orang dengan periode penilaian November s.d Desember 2021.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun pada setiap tahun nya harus selalu berusaha untuk menaikkan nilai capaian indicator IKM, tentunya pada tahun 2022 harus mendapat nilai di atas sekarang, yakni di atas 80,10, itulah harapannya.