Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PENGELOLAAN DAN PENANGANAN ASET DI SATUAN PENDIDIKAN

Pada hari ini, Jum'at 22 April 2022 seluruh Kepala Sekolah SMP dan Perwakilan SD mengikuti paparan dari “Dra. Siti Zubaidah, M.H” Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun terkait Pengelolaan dan Penanganan Aset di Satuan Pendidikan.

Dalam pelaksanaan paparan tentang pengelolaan dan penanganan aset di satuan pendidikan “Dra. Siti Zubaidah, M.H” Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun didampingi Sekretaris “Drs, Hendro Suwondo, M.Pd”.

Materi disampaikan oleh Drs. Agus Budi Wahyono, M.Si dari Inspektur daerah Kabupaten Madiun, yakni (1). Pengelola Barang, Pengguna Barang dan/atau kuasa Pengguna Barang wajib melakukan pengamanan barang milik daerah yang berada dalam penguasaannya, (2). Pengamanan barang milik daerah meliputi : (a). pengamanan fisik; (b). pengamanan administrasi, (c).pengamanan hukum.

Beliau menyampaikan tentang pengertian aset atau barang milik daerah (BMD), yakni :

u semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban APBD atau berasal dari perolehan lainnya yang sah.

u merupakan salah satu unsur penting dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. 

u merupakan salah satu aset yang paling vital yang dimiliki daerah guna menunjang operasional  jalannya pemerintahan daerah.

Tidak adanya kerugian daerah akibat kelalaian, penyalahgunaan/pelanggaran hukum atas pengelolaan barang milik daerah diselesaikan melalui tuntutan ganti rugi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, itulah harapannya.

Sumber : Annisa Husna Amalia Tim ICT