Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

Indikator Kinerja Utama

Seiring dengan ditetapkannya RPJMD Kabupaten Madiun Tahun 2018- 2023, maka IKU Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga mengalami perubahan. Untuk tahun 2019 target IKU Dinas Pendidikan dan Kebudayaan adalah sebagai berikut:

Tabel 2.1. Indikator Kinerja Utama dan Target 2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun

NO

SASARAN

INDIKATOR KINERJA UTAMA

TARGET
2019
1 Meningkatnya akses dan mutu pendidikan 1 Rata – rata lama sekolah 7,60
2 Harapan lama sekolah 13,14
3

Rata-rata Nilai Ujian Nasional

-    SD/MI

-    SMP/MTs

71,5

52,88

2 Meningkatnya nilai-nilai keagamaan siswa 4

Persentase lembaga pendidikan formal yang melaksanakan pendidikan

karakter keagamaan

100
3 Meningkatnya pengembangan dan pelestarian seni budaya 5 Persentase Pelestarian Seni dan Budaya 100

Sedangkan dalam Rencana Strategis pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun Tahun 2018-2023, target Indikator Kinerja pendukung indikator sasaran tahun 2019, adalah sebagai berikut:

Tabel 2.3 Target Indikator Kinerja Pendukung Sasaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019

No Indikator Sasaran Indikator Kinerja Target
1. Rata-rata Lama sekolah Angka Partisipasi     Sekolah 51,89
2. Harapan Lama Sekolah PAUD
3. Rata-rata Nilai Ujian
Nasional Angka Partisipasi         Kasar 43,10
- SD/MI PAUD
- SMP/MTs

Angka Partisipasi        Kasar

(APK)
- SD/MI 100,00
- SMP / MTs 100,00
Angka Partisipasi       Murni
(APM)
- SD/MI 100,00
- SMP/MTS 100,00
Angka Partisipasi Sekolah
(APS)
- SD/MI 100,00
- SMP/MTS 100,00
Persentase          Guru           yg 96,12
memenuhi               kualifikasi
S1/D-IV

No Indikator Sasaran Indikator Kinerja Target
Angka      Melanjutkan     dari 97,32
SD/MI ke SMP/MTs
Angka      Melanjutkan     dari 87,00
SMP/MTs
keSMA/SMK/MA
Angka Kelulusan :
- SD/MI 100
- SMP/MTS 100
- Paket B/C 100

Angka Putus Sekolah

- SD/MI 0
- SMP/MTS 0
4. Persentase                    lembaga Rasio        tenaga        pendidik 1:3
pendidikan       formal       yang karakter                 keagamaan
melaksanakan      pendidikan dengan jumlah kelas
karakter
3. Persentase Pelestarian Seni Persentase budaya daerah 100
dan Budaya yang dikembangkan
Persentase      Benda,      situs 100
dan          kawasan          Cagar
Budaya                                  yang
dikembangkan

Untuk mencapai target indikator kinerja utama dan indikator kinerja pendukung IKU pada tahun 2019, telah ditetapkan program dan kegiatan yang termuat dalam APBD TA. 2019 untuk mengimplementasikan dan menjabarkan kebijakan yang telah ditetapkan dalam Renstra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Adapun program yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2019, yaitu:

  1. Program Pendidikan Anak UsiaDini;
  2. Program PendidikanSD;
  3. Program PendidikanSMP;
  4. Program Pendidikan NonFormal;
  5. Program Peningkatan Mutu Pendidik dan TenagaKependidikan;
  6. Program Manajemen PelayananPendidikan;
  7. Program Batan OperasionalSekolah;
  8. Program Pengembangan dan NilaiBudaya.

Strategi implementasi perencanaan strategis setelah penetapan kebijakan dan program kerja organisasi adalah perumusan dan penetapan kegiatan. Penetapan kegiatan merupakan tolak ukur pengukuran pencapaian kinerja suatu organisasi yang dapat diukur secara nyata. Diketahui bersama bahwa tujuan dan sasaran sebagai bagian dari perencanaan strategis adalah merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi. Adapun pencapaian kinerja dapat diukur dengan baik apabila terdapat satuan pengukuran kinerja secara jelas, yang dirumuskan dalam program aksi dan dijabarkan kedalam aktivitas atau kegiatan instansi pemerintah yang disusun dalam dimensi tahunan.

Pengukuran kinerja yang merupakan proses identifikasi dan klasifikasi indikator kinerja, melalui system pengumpulan dan pengolahan data, dapat ditentukan kinerja kegiatan dan program serta kebijakan. Penetapan Indikator Kinerja didasarkan pada kelompok menurut input, output, outcomes, benefit dan impact. Kemudian dari indikator tersebut dapat digunakan untuk mengevaluasi baik dalam tahap perencanaan, tahap pelaksanaan ataupun pada tahap setelah selesainya kegiatan.

Pengukuran kinerja dilaksanakan dengan menggunakan dasar penghitungan dari Perjanjian Kinerja (PK) yang merupakan formulasi dari Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) atau Rencana Kerja Tahunan (RKT) pada tahun yang bersangkutan.