Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

KEGIATAN UNGGULAN KEPALA DINAS, PEMBENTUKAN UNIT PELAKSANA ZAKAT DI SEKOLAH

Kegiatan pembentukan Unit Pelaksana Zakat (UPZ) di sekolah dibuka langsung oleh Sekretaris “Adrianto, SE, MM.” pada tanggal 9 September 2020 pukul 08.00 WIB di Aula Dwija Hayu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun.

Kerja sama dengan Baznas yang didukung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Pudji Wahju Widodo” dengan surat nomor : 005/243/402.107/2020, tanggal 4 september 2020 perihal undangan pembentukan Unit Pelaksana Zakat (UPZ) di sekolah seluruh Kabupaten Madiun.

Peserta undangn terdiri dari Ketua K3S Kecamatan beserta dua orang pengurus tiap kecamatan, Ketua MKKS SMPN beserta empat orang pengurus dan Ketua IGTKI Kabupaten beserta empat orang pengurus.

Dasar pembentukan adalah Undang-undang nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat dan peraturan presiden nomor 14 tahun 2014 tentang pelaksanaan undang undang nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat.

Perlu diketahui bahwa alur BAZNAS Kabupaten/Kota dibentuk oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama atas usul bupati atau wali kota setelah mendapat pertimbangan BAZNAS. BAZNAS kabupten/kota bertanggung jawab kepada BAZNAS Provinsi dan pemerintah daerah kabupten/kota.

Unit Pengumpul Zakat (disingkat UPZ) adalah satuan organisasi yang dibentuk oleh BAZNAS untuk membantu pengumpulan zakat. Hasil pengumpulan zakat oleh UPZ wajib disetorkan ke BAZNAS, BAZNAS provinsi atau BAZNAS kabupaten/kota.

UPZ yang dibentuk oleh BAZNAS Kabupaten/Kota terdapat pada Kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah/Lembaga Daerah kabupaten/kota.

Sasarannya adalah untuk ekonomi, biasiswa, kesehatan, dan bencana, sedangkan jenis zakat antara lain zakat fitrah, maal, infak, sedekah, dan fidyah, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs resminya.

Zakat adalah merupakan termasuk dalam tiga program kegiatan unggulan Kepala Dinas sejak Beliau menjabat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, lounching program tersebut pada tanggal 7 Januari 2020 sebelum adanya penyebaran covid-19 tegas Sekretaris “Adrianto, SE, MM.”

Zakat tidak jauh dengan program jumat legi berkah yang sudah dilaksanakan, maka kali ini masalah zakat juga harus lebih ditingkatkan, karena sangat bermanfat bagi kemaslahatan, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. (tiga gagasan besar Kepala Dinas)

Dengan terbentuknya tim unit pelaksana zakat (UPZ) di sekolah bisa mengembangkan dan menanamkan kepada siswa dari nilai luhur dan unggul islami, yakni Visioner, optimis, jujur, sabar, amanah, keteladanan, profesional, perbaikan berkelanjutan, entrepreneur, dan transformasional.

Selain itu bisa lebih mempermudah dalam mengkoordinir dan pendistribusian agar bisa lebih transparan, efektif, dan sesuai yang diharapkan, itulah harapannya.

Editor : Nunus Dwi Nugroho

Chanel youtube : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun

https://www.instagram.com/dikbud__kabmadiun/?hl=en

Sekecil ketidak jujuran, kami takut mereka akan terpengaruh !!!

Kabupaten Madiun Kampung Pesilat Indonesia

Wong madiun, madiun sedulurku kabeh (Jawa Timur), madiun, Pendidikan madiun, Pendidikan Kabupaten madiun, dispendikbud madiun, dispendikbud Kabupaten madiun, dindik Madiun, dindik Kabupaten Madiun. Dikbud kabupaten madiun, dikbud madiun.

Jumlah kecamatan ada 15, yakni Kecamatan Dolopo, Geger, Kebonsari, Dagangan, Wungu, Kare, Jiwan, Sawahan, Madiun, Balerejo, Wonoasri, Pilangkenceng, Mejayan, Saradan, dan Gemarang.

Brem, pecel (nasi pecel / sego pecel / krupuk pecel / opak pecel), seni dongkrek

FOTO KEGIATAN