KEGIATAN UNGGULAN KEPALA DINAS, PEMBENTUKAN UNIT PELAKSANA ZAKAT DI SEKOLAH

            

  

 

     

Sekretaris Dinas (Sekdin) “Drs. Hendro Suwondo, M.Pd” memimpin apel pagi yang bertepatan dengan HUT Korpri ke 50 dengan tema “ASN Bersatu, KORPRI Tangguh, Indonesia Tumbuh, pada tanggal 29 November 2021 di Gedung belakang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan K

Kepala Dinas Pendidikan dan kebuadayaan Kabupaten Madiun “Dra. Siti Zubaidah, M.H” memimpin langsung upacara Hari Guru nasional 2021 dan HUT PGRI 76 dengan mengusung tema “Bergerak dalam hati, pulihkan Pendidikan” pada tanggal 25 November 2021 di Dinas Pe

Tidak lupa datang juga , Ketua PGRI “Drs. Suprijadi, M.Pd” juga mendampingi Kepala Dinas dalam memimpin Upacara, dan beserta seluruh pejabat, yakni Sekretris, Kabid Bidang Pembinaan SMP, Kabid Pembinaan SD, Kabid Ketenagaan, Kabid PAUD dan Dikmas, dan Kabid Kebudayaan.

17/11/2021, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun “Dra. Siti Zubaidah, M.H” menyerahkan Buku Profil Cagar Budaya Kepada Tim SPKT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia sebagai wujud Pelestarian Caga

17/11/2021, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Dra. Siti Zubaidah, M.H” membuka kegiatan diklat vokasi membatik di PKBM Mawar SDN Bagi 03 Kecamatan Madiun yang didampingi “Prapto Purnomo S.Pd” Kabid Paud dan Dikmas.

15/11/2021, Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” Monitoring Asesmen Nasional (AN), Beliau disambut oleh Kepala Sekolah “Katiman” SDN Dolopo 01.Kecamatan Dolopo

15/11/2021, Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” Monitoring Asesmen Nasional (AN), Beliau disambut oleh Kepala Sekolah “Purwati” SDN Candimulyo 01 Kecamatan Dolopo.

15/11/2021, Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” Monitoring Asesmen Nasional (AN), Beliau disambut oleh PLT Kepala Sekolah “indarwati” SDN Bangunsari 01 Kecamamatan Dolopo

Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” (palig kiri) foto bersama setelah mengikuti upacara peringatan hari pahlawan tahun 2021 di Pendopo Ronggo Djumeno Caruban Kabupaten Madiun.

Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” mendampingi Bupati Madiun Ahmad Dawami pada acara “Konkerkab PGRI Kabupaten Madiun 2021” pada tanggal 5 November 2021 di Sarangan.

Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” mendamingi Bupati Madiun Ahmad Dawami pada acara presentasi dan wawancara kovablik Jatim pada tanggal 13/10/2021 di Pendopo Muda Graha Jalan Alun-alun Utara No. 4 Kota Madiun

LIHAT FOTO SELENGKAPNYA

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Dra. Siti Zubaidah, M.H” membuka kegiatan fasilitasi pemanfaatan Bahan Belajar berbasis jejaring TIK pendidikan Tahun 2021 yang didampingi Sekretaris Dinas “Drs. Hendro Suwondo, M.Pd” bekerja sama dengan Balai Penge

MELIHAT FOTO SELENGKAPNYA

Ada apa dengan Pendidikan ? Kepala Dinas “Dra. Siti Zubaidah, M.H” menerima tamu ketua PGRI Kabupaten Madiun “Drs. Suprijadi, M.Pd” beserta pengurus pada tanggal 11-10-2021 di Ruang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Kadin membuka Pelatihan Teknis Assesmen Nasional di dampingi Sekdin 6-10-2021 di Votel Kartika Abadi Madiun

MELIHAT FOTO SELENGKAPNYA

5/10/2021, Kadin pantau persiapan Asesmen Nasional (AN) kesetaraan paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mawar, Desa Bagi Kecamatan Madiun (AN PENGGANTI UJIAN NASIONAL)

5/10/2021, Kadin pantau persiapan Asesmen Nasional (AN) Kesetaraan Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) KA-ER Balerejo (AN PENGGANTI UJIAN NASIONAL)

KEGIATAN UNGGULAN KEPALA DINAS, PEMBENTUKAN UNIT PELAKSANA ZAKAT DI SEKOLAH

Created on Wednesday, 09 September 2020 03:15
Hits: 1023

Kegiatan pembentukan Unit Pelaksana Zakat (UPZ) di sekolah dibuka langsung oleh Sekretaris “Adrianto, SE, MM.” pada tanggal 9 September 2020 pukul 08.00 WIB di Aula Dwija Hayu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun.

Kerja sama dengan Baznas yang didukung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan “Pudji Wahju Widodo” dengan surat nomor : 005/243/402.107/2020, tanggal 4 september 2020 perihal undangan pembentukan Unit Pelaksana Zakat (UPZ) di sekolah seluruh Kabupaten Madiun.

Peserta undangn terdiri dari Ketua K3S Kecamatan beserta dua orang pengurus tiap kecamatan, Ketua MKKS SMPN beserta empat orang pengurus dan Ketua IGTKI Kabupaten beserta empat orang pengurus.

Dasar pembentukan adalah Undang-undang nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat dan peraturan presiden nomor 14 tahun 2014 tentang pelaksanaan undang undang nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat.

Perlu diketahui bahwa alur BAZNAS Kabupaten/Kota dibentuk oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama atas usul bupati atau wali kota setelah mendapat pertimbangan BAZNAS. BAZNAS kabupten/kota bertanggung jawab kepada BAZNAS Provinsi dan pemerintah daerah kabupten/kota.

Unit Pengumpul Zakat (disingkat UPZ) adalah satuan organisasi yang dibentuk oleh BAZNAS untuk membantu pengumpulan zakat. Hasil pengumpulan zakat oleh UPZ wajib disetorkan ke BAZNAS, BAZNAS provinsi atau BAZNAS kabupaten/kota.

UPZ yang dibentuk oleh BAZNAS Kabupaten/Kota terdapat pada Kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah/Lembaga Daerah kabupaten/kota.

Sasarannya adalah untuk ekonomi, biasiswa, kesehatan, dan bencana, sedangkan jenis zakat antara lain zakat fitrah, maal, infak, sedekah, dan fidyah, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs resminya.

Zakat adalah merupakan termasuk dalam tiga program kegiatan unggulan Kepala Dinas sejak Beliau menjabat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, lounching program tersebut pada tanggal 7 Januari 2020 sebelum adanya penyebaran covid-19 tegas Sekretaris “Adrianto, SE, MM.”

Zakat tidak jauh dengan program jumat legi berkah yang sudah dilaksanakan, maka kali ini masalah zakat juga harus lebih ditingkatkan, karena sangat bermanfat bagi kemaslahatan, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. (tiga gagasan besar Kepala Dinas)

Dengan terbentuknya tim unit pelaksana zakat (UPZ) di sekolah bisa mengembangkan dan menanamkan kepada siswa dari nilai luhur dan unggul islami, yakni Visioner, optimis, jujur, sabar, amanah, keteladanan, profesional, perbaikan berkelanjutan, entrepreneur, dan transformasional.

Selain itu bisa lebih mempermudah dalam mengkoordinir dan pendistribusian agar bisa lebih transparan, efektif, dan sesuai yang diharapkan, itulah harapannya.

Editor : Nunus Dwi Nugroho

Chanel youtube : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun

https://www.instagram.com/dikbud__kabmadiun/?hl=en

Sekecil ketidak jujuran, kami takut mereka akan terpengaruh !!!

Kabupaten Madiun Kampung Pesilat Indonesia

Wong madiun, madiun sedulurku kabeh (Jawa Timur), madiun, Pendidikan madiun, Pendidikan Kabupaten madiun, dispendikbud madiun, dispendikbud Kabupaten madiun, dindik Madiun, dindik Kabupaten Madiun. Dikbud kabupaten madiun, dikbud madiun.

Jumlah kecamatan ada 15, yakni Kecamatan Dolopo, Geger, Kebonsari, Dagangan, Wungu, Kare, Jiwan, Sawahan, Madiun, Balerejo, Wonoasri, Pilangkenceng, Mejayan, Saradan, dan Gemarang.

Brem, pecel (nasi pecel / sego pecel / krupuk pecel / opak pecel), seni dongkrek

FOTO KEGIATAN