Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

UPACARA PERINGATAN KESAKTIAN PANCASILA

Peristiwa sejarah sebelum dan sesudah proses peringatan hari kesaktian pancasila setiap tanggal 1 Oktober perlu dilestarikan dan disebarluaskan kepada masyarakat, mengapa? terbukti bahwa sebagian anak muda jaman sekarang, sudah tidak mengenal dengan adanya sejarah.

Bukan kah proklamator kita telah mengatakan dalam pidatonya, “jasmerah” yang artinya jangan melupakan/meninggalkan sejarah, karena sejarah merupakan cerminan diri dari wilayah tertentu.

apa yang terjadi setelah dari mereka meninggalkan sejarah? tentu seja bertindak sudah tidak mencerminkan jati diri yang asli, pelaksanaanpun seakan akan dipaksakan, tentu saja hasilnya juga tidak bisa maksimal, bahkan banyak terjadi adanya masalah.

Hari ini tanggal 1 Oktober 2020 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun yang dipimpin oleh PLH Sekretaris, yakni Kepala Bidang PAUD dan Dikmas “Prapto Purnomo, S.Pd” mengikuti upacara peringatan hari kesaktian Pancasila secara virtual dengan tema “Indonesia maju berlandaskan Pancasila”.

Pelaksanaan upacara virtual ini dikarenakan untuk mengurangi adanya kerumunan masa yang besar, atau menyesuaikan dengan protokol kesehatan penyebaran covid-19, sedangkan pelaksanaan upacara aslinya dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Madiun di Monomen Kresek.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun tinggal mengikuti secara virtual yang dilaksanakan di gedung dwija Hayu, tidak mengurangi kidmadnya pelaksanaan tersebut, semua pejabat dan staf melaksanakan dengan penuh disiplin.

Monomen kresek salah satu dari destinasi wisata Kabupaten Madiun yang sangat berpotensi banyak pengunjung, apalagi sangat berhubungan dengan adanya nilai sejarah yang berhubungan erat dengan peristiwa PKI Madiun.

Di areal monomen kresek telah dibangun patung yang menggambarkan peristiwa keganasan PKI pada jaman dahulu, nama korban peristiwa tersebut juga ditulis disana, sehingga pengunjung bisa menyerap adanya informasi tersebut.

Perlu diketahui bahwa sasaran PKI waktu itu sebagian besar adalah para muslim, entah mengapa mereka selalu mengejar adanya para tokoh-tokoh yang ada di masjid dan pndok pesantren.

Perlu digarisbawahi pula, bahwa peristiwa PKI Madiun terjadi pada tahun 1948, sedangkan Gerakan 30 September PKI (G30S PKI) pada tahun 1965, yakni terjadinya penculikan tujuh jenderal di Jakarta.

Peristiwa PKI Madiun tahun 1948 membuat luka yang sangat mendalam bagi mayoritas masyarakat, karena sebenarnya semua tokoh-tokoh dan pimpinannya bukan asli Madiun, namun masyarakat yang tidak mengerti apa-apa banyak yang terkena imbasnya.

Revolosi besar-besaran yang diakibatkan dari peristiwa G30 S PKI 1965, peristiwa terbunuhnya jenderal-jenderal yang dikarenakan oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab, perlu diwaspadai jangan sampai terulang lagi.

Editor : Nunus Dwi Nugroho

Chanel youtube : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun

https://www.instagram.com/dikbud__kabmadiun/?hl=en

Sekecil ketidak jujuran, kami takut mereka akan terpengaruh !!!

Kabupaten Madiun Kampung Pesilat Indonesia

Wong madiun, madiun sedulurku kabeh (Jawa Timur), madiun, Pendidikan madiun, Pendidikan Kabupaten madiun, dispendikbud madiun, dispendikbud Kabupaten madiun, dindik Madiun, dindik Kabupaten Madiun. Dikbud kabupaten madiun, dikbud madiun.

Jumlah kecamatan ada 15, yakni Kecamatan Dolopo, Geger, Kebonsari, Dagangan, Wungu, Kare, Jiwan, Sawahan, Madiun, Balerejo, Wonoasri, Pilangkenceng, Mejayan, Saradan, dan Gemarang.

Brem, pecel (nasi pecel / sego pecel / krupuk pecel / opak pecel), seni dongkrek