Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

APLIKASI E-TATAS, SEKRETARIS MENGADAKAN AUDENSI DENGAN PIHAK SEKOLAH

Sekretaris “Adrianto, SE, MM,” berkenan mengundang programer yang telah ditunjuk untuk membuat aplikasi e-tatas di Gedung depan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun pada tanggal 25 november 2020 pukul 08.00 WIB.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, bahwa salah satu tujuan membuat aplikasi “etatas” adalah untuk mempermudah dinas dalam melaksanakan monitoring anggaran di masing-masing sekolah, karena aplikasi ini ada hubungannya dengan bukti pertanggungjawaban yang berhubungan dengan rencana kegiatan anggaran sekolah (RKAS) sehingga bisa berdampak adanya perubahan kinerja di sekolah.

Selain itu, Sekretaris “Adrianto, SE, MM,” juga memanggil beberapa perwakilan bendahara bos SD dan SMP dengan tujuan menghimpun dan menampung beberapa dari masukan-masukannya, sehingga penggunaan aplikasi etatas nantinya bisa sinkron dengan apa yang diharapkan dari pihak sekolah

interaksi antara bendahara SD dan SMP dengan pihak programmer telah menghasilkan beberapa kesepakatan dari menu-menu apa yang dibutuhkan di apliksi tersebut.

Aplikasi untuk admin sekolah terdiri dari enam menu utama, yakni data referensi (daftar penyedia, daftar pemesan/penerima, daftar penerima honorarium, daftar peserta PD, dan kop surat), anggaran (anggran belanja), belanja (pegawai, persediaan, jasa, pemeliharaan, dan modal), laporan (anggaran dan belanja), pengaturan (ubah kata sandi dan keluar), terakhir bantuan (pengelolaan keuangan daerah dan panduan penggunaan).

Sedangkan aplikasi untuk admin Dinas terdiri dari Anggran (alokasi anggaran dan tutup buku, laporan (anggaran dan belanja semua sekolah), pengaturan (ubah kata sandi dan keluar), dan bantuan (pengelolaan keuangan daerah dan panduan penggunaan)

Sekretaris “Adrianto, SE, MM,” menjelaskan bahwa jika untuk monitoring anggaran sekolah, menu-menu tersebut untuk tahun ini sudah cukup itu saja dulu, namun wajib pada tahun 2021 nanti perlu ada pengembangan.

Sekretaris “Adrianto, SE, MM,” menyadari bahwa membuat aplikasi tidak bisa tergesa-gesa begitu saja, menurut pengalaman pasti ada penyempurnaan lebih lanjut.

Audensi aplikasi e-tatas juga dihadiri oleh Eni Lestari S.Si, M.AP Kasubag Penyusunan program dan pelaporan, “Suparnoto” Ka Subag Keuangan, dan beserta sebagian staf.

Semoga aplikasi e-tatas natinya bisa digunakan sebagai media online maupun ofline untuk mempermudah dari pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam melaksanakan koordinasi atau monitoring dengan pihak sekolah mengenai kurang lengkapnya berkas surat pertanggungjawaban anggaran, itulah harapan Sekretaris “Adrianto, SE, MM”.