Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

LAPORAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL BIDANG PENDIDIKAN TAHUN 2020

Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagai pengganti dari Undang Undang Nomor 32 Tahun 2004 telah secara jelas mendelegasikan kewenangan penyelenggaraan urusan wajib pemerintahan kepada pemerintah daerah. Ketentuan pembagian kewenangan antara Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota telah jelas dijabarkan, termasuk ketentuan prioritas pelayanan minimal. Sesuai ketentuan tersebut, urusan pendidikan merupakan salah satu pelayanan wajib yang harus diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 2 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 32 Tahun 2018 tentang Standar Teknis Pelayanan Minimal Pendidikan, Standar Pelayanan Minimal Pendidikan (SPM) Pendidikan adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar pendidikan yang merupakan urusan pemerintahan wajib yang berhak diperoleh setiap Peserta Didik secara minimal. Untuk daerah kabupaten/kota jenis Pelayanan Dasar pada SPM Pendidikan terdiri atas pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan kesetaraan. Terdapat perubahan dari SPM sebelumnya yang hanya pendidikan dasar saja.

Pemerintah Kabupaten Madiun, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun sebagai Organisasi Perangkat Daerah yang mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan di bidang pendidikan, sudah menjadi tanggungjawabnya untuk melaksanakan pelayanan minimal pendidikan di Kabupaten Madiun sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.

Untuk menjamin kepastian setiap warga masyarakat memperoleh pelayanan minimal pendidikan di Kabupaten Madiun, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun telah menetapkan program dan kegiatan yang disusun melalui perencanaan sesuai dengan arah dan kebijakan pembangunan daerah. Dengan mempertimbangkan kondisi pelayanan pendidikan pada tahun sebelumnya, maka dalam penyusunan rencana strategis pendidikan telah dirumuskan tahapan pencapaian standar pelayanan minimal pendidikan di Kabupaten Madiun.

Pencapaian standar pelayanan minimal pendidikan mendapatkan perhatian yang serius dari Pemerintah Kabupaten Madiun karena berkenaan dan menyangkut dengan pelayanan hak dasar setiap warga masyarakat untuk mendapatkan pendidikan. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Madiun terus berupaya mencapai dan mengimplementasikan indikator pelayanan minimal pendidikan tersebut agar dapat memenuhi hak-hak setiap warga masyarakat di Kabupaten Madiun.

Penerapan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan di Kabupaten Madiun masih belum maksimal karena belum adanya strategi khusus untuk pencapaiannya. Namun, dalam pelaksanaanya penerapan standar pelayanan minimal pendidikan baik pada tingkat Kabupaten maupun Satuan Pendidikan belum sepenuhnya terdokumentasi dengan baik, sehingga kesulitan dalam memberikan evaluasi dan penilaian terhadap tingkat ketercapaian indikator setiap standar pelayanan minimal pendidikan.

Agar pemenuhan standar pelayanan minimal pendidikan di Kabupaten Madiun tercapai dan terpantau dengan baik serta berkelanjutan, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun memulai melaksanakan pendokumentasian penyelenggaraan standar pelayanan minimal pendidikan di Kabupaten Madiun dengan mendasari capaian pelayanan minimal pendidikan di Kabupaten Madiun serta melihat kondisi terkini dan permasalahan yang dihadapi dalam menyelenggarakan pelayanan pendidikan tersebut, maka ke depan diharapkan pelayanan pendidikan di Kabupaten Madiun dapat terpenuhi secara konsisten dan berkelanjutan.

Dengan penyusunan laporan ini diharapkan dapat memberikan gambaran pencapaian dan penerapan standar pelayanan pendidikan di Kabupaten Madiun sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan strategis yang tepat dalam mencapai standar pelayanan minimal sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

baca selengkapnya