Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PERINGATAN ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW

Kepala Dinas “Pudji Wahju Widodo,” mengadakan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW (27 rajab) 1442 H pada tanggal 12 Maret 2021 pukul 08.30 WIB di ruang pertemuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun.

Beliu mengundang seluruh pejabat dan staf lingkup Dispendikbud, Pengawas SMP, Ketua K3S Kecamatandan Ketua MKKS SMP (mengikutsertakan 2 orang pengurus) se Kabupaten Madiun dengan acara doa Bersama dan pengajian.

Mengingat masih dalam suasana penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) jilid 3 pelaksanaan tetap mengacu sesuai protocol Kesehatan covid-19.

Acara dimulai dengan pembacaan Al Qur’an oleh “Daru” siswa MI Al Amin Dempelan Madiun, “Daru” membaca surat Al A’raf ayat 158 dengan penuh kidmad.

Kepala Dinas “Pudji Wahju Widodo,” dalam sambutannya menyampaikan bahwa diusahakan sebisa mungkin untuk peringatan hari besar agama harus dilaksankan, karena untuk wadah ajang silahturomi dan penanaman Pendidikan karakter.

Acara inti adalah siraman rohani oleh mubalik “KH Muhammad Shoum” dari desa Kaligunting Kecamatan Mejayan Madiun, Beliau memaparkan seputar sejarah Isra Mi’raj, yakni perjalanan Nabi Muhammad SAW menuju langit ke-7 untuk menerima perintah salat dari Allah SWT. Kisah tersebut terjadi pada suatu malam pada tanggal 27 Rajab. Isra merupakan perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Yerussalem

“KH Muhammad Shoum” menyampaikan bahwa siapa saja yang sampai sekarang dalam melaksanakan sholat wajib tidak mengingat nama Allah SWT berarti sholatnya belum syah, maka Beliau mengajak untuk selalu melaksanakan sholat wajib dengan penuh kekusukan, Setelah acara siraman rohani “KH Muhammad Shoum” langsung mengakiri dengan doa Bersama.

Setelah doa selesai bapak Kepala Dinas langsung menanyakan kepada seluruh undangan, siapa yang tadi malam melaksanakan sholat malam dan sebelum peringatan ini melaksanakan puasa rejeb.

Dari seluruh peserta yang mengangkat tangan hanya dua peserta, mereka berdua telah terpilih oleh Kepala Dinas untuk mendapatkan hadiah, tentunya hal ini mempunyai tujuan untuk mengingatkan ke peserta lainnya untuk melaksanakan seperti mereka berdua.

Acara terakhir adalah pemotongan tumpeng oleh Kepala Dinas “Pudji Wahju Widodo,” Adapun siapa yang menerima tumpeng ? yang menerima tumpeng adalah mereka berdua yang telah melaksankan sholat malam dan puasa rejeb tadi.

Dengan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW (27 rajab) 1442 H pada tanggal 12 Maret 2021 pukul 08.30 WIB di ruang pertemuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun kita semua mendapatkan syafaatnya di hari akhir nanti, itulah harapannya