Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Jalan Raya Tiron Nomor 87 Madiun, Kontak Person WA +6288805795497

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PERINGATAN HARI KARTINI TAHUN 2021 DIRAYAKAN DENGAN SEDERHANA

Peringatan hari Kartini kali ini, tentunya tidak seperti tahun-tahun kemarin yang dimeriahkan dengan adanya parade yang sangat meriah, pelaksanaanpun hampir ada disetiap instansi pemerintah maupun swasta.

Pandemi covid-19 lah yang menyebabkan itu semua, bahkan dampaknya pada lebaran tahun ini masyarakat yang ada diperantauan tidak diperkenankan untuk mudik.

Kartini sangat berperan besar terhadap perkembangan dunia pendidikan, khususnya kaum hawa yang terbantu, pemikiran kartini saat itu adalah bahwa pendidikan bagi perempuan adalah kunci penting bagi emansipasi manusia.

Hasil buah pemikiran kartini yang sangat terkenal adalah, dituangkan dalam buku yang bernama “habis gelap terbitlah terang” buku tersebut merupakan kumpulan surat yang Beliu kirimkan ke sahabatnya di Belanda yang bernama Rosa Abendanon.

Surat-surat tersebut berisi pemikiran Kartini mengenai tradisi feodal, pernikahan paksa dan poligami, hingga gagasan mengenai pentingnya pendidikan bagi anak perempuan. Kartini juga mengeluhkan budaya Jawa kala itu yang ia pandang menghambat kemajuan perempuan.

Kepala Dinas yang baru, yakni “Dra. Siti Zubaidah, M.H” meskipun masih dalam suasana covid-19 tetap mengintruksikan bagi semua karyawati untuk tetap mengenakan kebayak, yang merupakan simbol pakaian Kartini pada zaman dahulu kala.

Semoag dengan peringatan hari Kartini, cahayanya akan menyinari seluruh kaum wanita di Kabupaten Madiun sehingga menjadi orang yang berhasil dalam kehidupannya, itulah harapannya.

LIHAT FOTO KEGIATAN DISINI